Diskominfotik Kab.Meranti Ikuti Bimtek Jurnalistik Media Center Pemerintah di Batam


Batam,LHI -
Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotik) Kabupaten Kepulauan Meranti Ikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalul Direktorat Pengelolaan Media mengadakan Bimbingan Teknis Menulis Berita Online dan Teknik Search Engine Optimization (SEO) di Harris Hotel, Batam, Rabu, (6/7/2022).

Kegiatan dibuka oleh Direktur Pengelolaan Media Kementerian Kominfo, Nursodik Gunarjo diikuti Pengelola Media Center Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kominfotik dan unsur terkait wilayah Indonesia Bagian Barat secara langsung maupun daring."Ini merupakan sarana untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan media center Pemerintah Daerah. Ayo tingkatkan kemampuan teknis para pejuang informasi", ujar Nursodik.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh Narasumber Elvira Indah Sari, yang merupakan redaktur pelaksana infopublik.id dan indonesia.go.id.

Lebih lanjut dijelaskan Elvira, infopublik.id dan indonesia.go.id merupakan portal berita online yang dikelola oleh Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo. Portal ini berisi informasi seputar program pemerintah pusat dan daerah. Elvira juga menjelaskan istilah 5W+1H dan 3E+1N dalam dunia jurnalistik untuk menghasilkan berita yang berkualitas.

Sesi kedua dilanjutkan Pemaparan oleh narasumber Eko Suprihatno, Jurnalis Senior Media Indonesia dengan tema Mengulik Informasi dan Fakta Menjadi Berita.

Jurnalis Senior Media Indonesia yang sempat mengenyam pendidikan di Seoul, Korea Selatan tahun 2005 itu juga menjabarkan bahwa dalam menulis sebuah berita harus memperhatikan Nilai Berita, Unsur Berita, Kaidah Jurnalistik, Bahasa, Etika Jurnalistik, Struktur Penulisan dan Trik Search Engine Optimization (SEO).

"Berita yang benar belum tentu baik, tapi berita yang baik sudah tentu benar", pesan Eko Suprihatno.

Kegiatan Bimtek ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan media center dilingkungan pemerintah daerah, sehingga berita yang disampaikan pemerintah diharapkan mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam mensukseskan program pemerintah.

Menjadi salah satu peserta yang turut diundang diacara tersebut, Plt. Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Analis Informasi Randi menyampaikan kegiatan ini merupakan hal yang sangat penting, khususnya untuk meningkatkan pemahaman sistem penyebaran informasi di lingkungan Pemerintah.

"Tentunya kami ucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara, bimbingan teknis ini sangat dibutuhkan bagi kami selaku pengelola media pemerintah daerah dalam menyajikan siaran pers dan berita yang baik dan benar". ujar Randi

Lebih lanjut ditambahlan, bimtek ini juga diharapkan dapat meningkatkan Kompetensi ASN dalam mengoperasikan portal berita resmi pemda."Bimtek ini juga akan meningkatkan kompetensi aparatur, khususnya kita di Dinas Kominfotik dalam mengoperasikan portal berita resmi pemerintah yang bernaung dibawah koordinasi Kementerian Kominfo", tambah Randi.(RAMLI ISHAK/ Diskominfotik)

 

Post a Comment

0 Comments