Terima Kunjungan Silaturahmi Bawaslu, Kapolres Meranti Ajak Bersinergi Sukseskan Pemilu Serentak 2024

 


Meranti,LHI
- Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIk MH, mengajak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan seluruh stakeholder terkait untuk bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) serentak pada tahun 2024 mendatang.

Ajakan itu disampaikan AKBP Andi Yul saat menerima kunjungan silaturahmi Bawaslu Kepulauan Meranti, Jumat (10/6/2022) siang, di ruanganya. Pertemuan ini bertujuan membahas persiapan pentahapan Pemilu serentak tahun 2024."Kita berterimakasih atas niat baik Bawaslu Meranti untuk berkoordinasi dengan Polres terkait pentahapan Pemilu serentak nantinya," ucap AKBP Andi Yul dalam pertemuan.

Lebih lanjut, ia menekankan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 harus berjalan lancar dan sukses. Tentunya dengan meminimalisir setiap adanya pelanggaran Pemilu.

Perbedaan pendapat dan pilihan pemimpin, sebut Kapolres, merupakan suatu hal yang wajar dalam hal demokrasi.

Namun sebagai pihak yang mengamankan dan mengawasi Pemilu, sambungnya, kedua lembaga atau institusi ini harus tetap dapat bersikap secara netral dan tidak menggiring suatu opini terhadap masyarakat.

"Intinya, kita (Polres Meranti, red) siap mengamankan jalannya Pemilu serentak tahun 2024 akan datang. Untuk itu, sudah seharusnya Polres bersama Bawaslu terus bersinergi dan bekerjasama, serta tetap melakukan komunikasi terkait semua perkembangannya," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti Syamsurizal SIP, mengungkapkan bahwa kunjungan silaturahmi ini dilakukan dengan maksud untuk menyampaikan tentang pentahapan Pemilu serentak yang akan dimulai pada tanggal 14 Juni 2022 ini.

"Sebagai lembaga yang mengawasi jalannya Pemilu jujur, terbuka, dan adil, pasti banyak pihak yang merasa keberatan ataupun tidak menyukai hasil yang dikeluarkan. Namun, nantinya kita akan mengutamakan pendekatan pengawasan berbasis teknologi digital. Hal itu tetap dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan atau kesiapan, terutama kendala akses jaringan teknologi informasi," bebernya.

Nantinya, lanjut Samsurizal menjelaskan, pihaknya akan lebih meningkatkan pengawasan terkait update pemutakhiran data pemilih tetap (DPT) di wilayah Kepulauan Meranti."Oleh karena itu, kami meminta petunjuk, saran dan arahan dari bapak Kapolres sebagai institusi yang bergerak di bidang keamanan dalam pelaksanaan Pemilu serentak nanti. Kita akan selalu berkoordinasi dan melaporkan setiap perkembangan permasalahan yang terjadi dalam pentahapan hingga penyelenggaraan kepada Polres Meranti," tuturnya.

Untuk diketahui, kegiatan silaturahmi tersebut ikut dihadiri Kasat Intelkam AKP Josrizal SH, Komisioner Bawaslu Muhammad Zaki SPd, Ba Unit I Sat Intelkam Bripda Iqbal Rizki Annur dan Bripda Yusuf Budiarto, serta sejumlah staff Bawaslu.*(RAMLI ISHAK)****

Post a Comment

0 Comments