Polres Rohil Kerahkan Personel Untuk Pengamanan Ritual Bakar Tongkang




Rokan Hilir -LHI

Polres Rohil kerahkan Personel untuk melakukan pengamanan acara sembahyang ritual bakar tongkang yang digelar oleh masyarakat Tionghoa Bagan Siapi-api. Sabtu 19 Juni 2022. Pukul 15.55 WIB.

Pengamanan oleh Personel Polres Rohil, Polsek Bangko jajaran, juga bergabung bersama dengan Personel Koramil 01 / Bangko Kodim 0321/ Rohil ini, dilakukan mulai dari klenteng Nam Ki Tuah Jalan Siakap Kelurahan Bagan Timur Kecamatan Bangko, hingga menuju Areal Pembakaran Tongkang di Jalan Perniagaan Kelurahan Bagan Barat Kecamatan Bangko Kabupaten Rohil.

Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK yang dikonfirmasi melalui Kasi Humas Polres Rokan Hilir AKP Juliandi SH. Menjelaskan pengerahan personel guna melakukan pengamanan di acara yang juga menjadi ikon Kabupaten Rokan hilir ini.

Telah dilakukan Pengamanan Ritual Bakar tongkang oleh Personel Polres Rohil, Polsek jajaran Dan Personel Koramil 01 / Bangko," ungkapnya.

Pengamanan yang dilakukan dalam sejumlah rangkaian kegiatan yakni pawai atau arakan yang dilakukan oleh tokoh agama tionghoa beserta warga tionghoa Bagansiapiapi lainnya dengan membawa kertas sembahyang dari klenteng Nam Ki Tuah Jalan Siakap Kelurahan Bagan Timur menuju lokasi bakar tongkang Jalan Perniagaan Kelurahan Bagan Barat Kecamatan Bangko dan selanjutnya melakukan pembakaran kertas sembahyang dilokasi tersebut," jelas Kasi Humas Polres Rokan Hilir ini.

Termasuk sebelum pembakaran Tongkang, Replika Tongkang di arak melewati klenteng Ing Hok King Jalan Klenteng Kelurahan

Bagan Kota sekaligus ritual sembahyang atau berdoa kepada dewa dan kemudian menuju kelokasi pembakaran replika tongkang yakni di jalan Perniagaan Kelurahan Bagan Timur Kecamatan Bangko," Jelas AKP Juliandi. lagi.

Juga termasuk dalam Rute Arak - arakan Ritual Bakar Tongkang Yaitu, Start Di Kelenteng Nam Ki Tuah Jalan Siakap ke Jalan Pahlawan Hilir, terus ke Jalan Sumatera dan ke Jalan Aman, lalu kemudian ke Jalan Kelenteng kemudian menuju ke Jalan Perdagangan dan terus lagi ke Jalan Perniagaan Serta Finish- nya  di areal Pembakaran Tongkang tepatnya di Jalan Perniagaan Kelurahan Bagan Barat.Dan selama kegiatan ini berlangsung situasi aman dan kondusif.," Pungkasnya.

Untuk diketahui acara yang sempat tertunda selama 2 tahun karena pandemi covid-19 ini sendiri dihadiri oleh Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, SIP, Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto, SH, SIK, Dandim 0321/Rohil Letkol Inf. M. Erfani, SH.MTr. (Han) Ketua DPRD Rohil Maston, Kejari Rohil Yuliarni Appy, SH, MH.

Para asisten Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rohil, Para Pejabat Tinggi Pratama, Jabatan administrator dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rohil, Ketua Multi Marga Tionghoa Bagansiapiapi Rendy Gunawan dan anggota serta Masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi yg melaksanakan Sembahyang Ritual Bakar Tongkang."(SB)*

 

 

Post a Comment

0 Comments