Bupati Adil Terima Gelar Datuk Tuah Amanah Jasa Negeri dari Sultan Siak Sri Indrapura

MERANTI – LHI.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan silaturahmi secara resmi antara unsur pemerintah dengan Sultan Siak Sri Indrapura ke XIII As Syaidis Syarif Nasir Abdul Jalil Syaifudin beserta permaisuri di Halaman Kantor Bupati Jalan Dorak Selatpanjang, Selasa (14/6/2022).

Kegiatan itu dimulai dengan prosesi Tepuk Tepung Tawar kepada Bupati H. Muhammad Adil, SH, MM dan Wakil Bupati AKBP (Purn) H. Asmar oleh Sultan Siak beserta perangkat kerajaan. Yakni Datuk Limapuluh, Datuk Pesisir, Datuk Kampar dan Datuk Tanah Datar.

Setelah sebelumnya menerima Keris Kebesaran, Bupati H. Muhammad Adil kembali mendapatkan gelar dari Kesultanan Siak yakni Datuk Tuah Amanah Jasa Negeri.

"Terimakasih atas kunjungan Sri Baginda Sultan dan permaisuri ke Meranti. Begitu juga empat datuk perangkat Kesultanan Siak serta perwakilan dari Negeri Malaka, Datuk Dr. Zahir. Semoga kunjungan tuan-tuan semuanya membawa keberkahan bagi Meranti yang kita cintai bersama ini," harap Bupati Adil.

Lebih lanjut, dia menyebutkan pemerintah daerah memiliki tanggungjawab untuk ikut memajukan kebudayaan bersama-sama pemerintah pusat. Menurutnya kemajuan utama dari sebuah kebudayaan adalah harmonisasi sosial dengan beragam budaya lainnya yang ada di Indonesia.


"Hari ini kita tinggal di tanah melayu, tentu adat istiadat setempat harus pula kita junjung tinggi. Kami berharap upaya memajukan kebudayaan adat istiadat ini selaras dengan penyelenggaraan muatan Melayu Riau," ungkapnya.

Sultan ke XIII Siak Sri Indrapura Sultan As Syaidis Syarif Nasir Abdul Jalil Syaifudin mengucapkan terimakasih kepada semua pihak. Baik unsur pemerintah maupun masyarakat terhadap penyambutan yang diberikan.

"Beta mengajak semua elemen suku di Riau untuk bersatu padu membangun Bumi Lancang Kuning yang maju," ajaknya.

Turut hadir dalam silaturahmi itu, unsur Forkopimda dan pejabat daerah serta tamu undangan lainnya. (Prokopim) (RAMLI ISHAK/Prokopim)

Post a Comment

0 Comments