DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Malam Lahirnya Pancasila, Kapolres Banjar Hadiri Peresmian Kampung Pancasila Di Desa Sukamukti Kecamatan Pataruman

Banjar LHI,- Polres Banjar Polda Jabar - Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih bersama Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., meresmikan Kampung Pancasila yang bertempat di Dusun Sukamulya Curug Panganten Desa Sukamukti Kecamatan Pataruman Kota Banjar. 


Kampung Pancasila merupakan Salahsatu Program dari Kodam 3 Siliwangi dalam upaya Menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagi pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara yang dilaksanakan oleh Prajurit Yonarmed 5/105 Tarik/PG yang sedang melaksanakan Pra Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia.


Dalam laporannya, Komandan Kodim 0613 Ciamis, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, mengatakan, tujuan dibentuknya Kampung Pancasila adalah, (1) Untuk menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas; (2) Untuk semakin menumbuhkan kerukunan antar masyarakat berdasarkan Pancasila, karena penduduknya beragam; (3) Untuk menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika; (4) Untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila; dan (5) Untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin bangsa yang telah berhasil menggali dan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.


"Sementara itu, Kota Banjar di gunakan sebagai lokasi latihan Prajurit Yonarmed 5/105 Tarik/PG, kareana Wilayah Kota Banjar merupakan wilayah Perbatasan yang merepresentasikan Wilayah Perbatasan RI-Malaysia. " Jelasnya.


Sementara itu, Dalam sambutanya, Wali Kota Banjar mengapresiasi atas digunakannya wilayah Kota Banjar sebagai tempat latihan Pra Tugas Pagi Prajurit Yonarmed 5/105 Tarik/PG.


Wali Kota juga menambahkan, Kampung Pancasila akan diresmikan di 25 desa/kelurahan , hal ini dilakukan karena pemahaman Pancasila dimasyarakat semakin luntur karena tergerus karena perkembangan zaman.


"Saya berharap dengan di resmikanya Kampung pancasila ini tidak hanya dijadikan sebagai seremonial semata, akan tetapi yang paling penting aplikasi dalam kehidupan kita sehari-hari. Pancasila sebgai Pedoman Dalam berbangsa dan bernegara dan menjadi modal dasar dalam membangun Indonesia maju. " Ucapnya.


Terkait kegiatan tersebut Kapolres Banjar mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Kodim 0613/Ciamis dengan peluncuran Kampung Pancasila tersebut.


"Sebagai bentuk sinergitas TNI Polri, tentunya Kami (Polres Banjar) siap mendukung dan membantu terbentuknya Kampung Pancasila ini, ini juga salah satu upaya untuk memelihara Kamtibmas di lingkungan ini khususnya"ucap Kapolres Banjar. (E 14 Y)

Post a Comment

0 Comments