DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Jadi Pasukan Pemelihara Perdamaian Dunia Di Afrika- Kongo, Serda Cindy Kartika Harumkan Nama Kabupaten Bengkalis



Bengkalis, LHI

Menjadi anggota Pasukan Garuda atau Pasukan Pemelihara Perdamaian Dunia (PBB) bukanlah mudah, banyak hal yang harus dilalui termasuk berbagai seleksi.Seperti yang dialami seorang putri kebanggaan Kabupaten Bengkalis bernama Cindy Kartika berpangkat Sersan Dua (Serda) TNI AD ini, banyak seleksi yang diikuti dan dilaluinya hingga berhasil menjadi Pasukan Pemelihara Perdamaian Dunia.

Cindy Kartika boleh dikatakan putri asli Bengkalis walau dia lahir tidak di Kabupaten Bengkalis. Sejak usia kurang dari 2 tahun Cindy Kartika telah berada di Pulau Bengkalis karena ayahnya yang juga seorang Prajurit TNI pindah tugas dari Kodam I/BB, Medan - Sumatera Utara ke Kodim 0303/Bengkalis.

Kemudian, Cindy Kartika juga mengecap pendidikan TK, SD, SLTP (SMP) dan SLTA (SMA) juga di Bengkalis, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis.

Ketika Kanak-kanak, Cindy Kartika kelahiran Medan ini bermain sambil belajar di Taman Kanak-kanak (TK) Kemala Bhayangkari 05 Bengkalis yang kini telah menjadi TK Kemala Bhayangkari 04 Bengkalis yang berada di Jalan Karimun Bengkalis, Kecamatan Bengkalis. Cindy Kartika putri cilik nan imut dan lincah ini lulus pada tanggal 26 Juni 2006.

Lulus dari TK, Cindy Kartika kelahiran 21 Mei 2000 ini melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Dasar (SD) Negeri 05 Bengkalis yang berada di Jalan Arif Rahman Bengkalis, Kecamatan Bengkalis. Di usia menuju remaja ini, Cindy Kartika menyelesaikan pendidikan dasarnya tanpa kendala, dia pun lulus pada tanggal 16 Juni 2012.

Cindy Kartika kemudian melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Bengkalis yang berada di Jalan Karimun Bengkalis, Kecamatan Bengkalis. Di usia remaja ini Cindy Kartika juga menyelesaikan pendidikan menengah pertamanya dengan mulus, dia pun lulus pada tanggal 10 Juni 2015.

Tak sampai disitu, semangat tinggi mengecap ilmu pengetahuan di dunia pendidikan, anak Prajurit TNI Serda Azhari Danprovost Kodim 0303/Bengkalis ini meneruskan pendidikannya ke Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Bengkalis yang berada di Jalan Arif Rahman Hakim Kita Bengkalis Kecamatan Bengkalis. Gadis remaja cantik ini pun lulus dengan prestasi gemilang pada tanggal 3 Mei 2018.

Cita-cita besar sang ayah hendak menjadikan Cindy Kartika putri kesayangannya ini menjadi penerusnya menjadi Anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) akhirnya terwujud. Hal ini membuat Serda Azhari bangga dan bahagia tak terkira.

Kisahnya, kala itu Cindy Kartika sempat menganggur 1 tahun setelah selesai mengecap pendidikannya dari SMA. Kemudian atas dasar cita-cita yang kuat dan dimotivasi serta didukung ayah dan ibunya, Cindy Kartika mencoba melamar menjadi Prajurit TNI AD pada tahun 2019 secara online.

"Tahun 2019 putriku Cindy Kartika mendaftar online Secaba AD dari Korem 031/Wira Bima Pekanbaru", kata Serda (Purn) Azhari mengingat kenangan itu.

Setelah mendaftar dari Korem 031/Wira Bima Pekanbaru, test pertama Cindy Kartika bersama Ayahnya berangkat ke Medan tepatnya ke Kodam I/Bukit Barisan.

Selesai dari Medan, Cindy Kartika bersama Sersan Dua Azhari melanjutkan test kedua di Secapa AD Jalan Setia Budi Hergamana Bandung. Disana, terukir sejarah yang tak bisa dilupakan seorang ayah bernama Azhari itu, putri kesayangannya bernama Cindy Kartika lulus dan berhasil menjadi Prajurit Wanita Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dengan pangkat Sersan Dua (Serda).

"Ketika mendengar putriku lulus dan berhasil jadi Tentara, sangkin bahagianya saya terdiam terpaku, saya tidak bisa berkata-kata selain mengucap syukur, Alhamdulillah...", ujar Prajurit TNI yang kini telah pensiun itu.

Setelah lulus, Serda Kartika Cindy bertugas di Kesdam I/BB. "Si Kakak tugas pertama di Kesdam I/BB", kata Serda (Purn) Azhari menyebut putri kesayangannya dengan panggilan si Kakak karena Cindy memang putri pertamanya.

Cita-cita besar Cindy Kartika ternyata tidak sampai disitu, walau sudah menjadi Prajurit Wanita Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) berpangkat Sersan Dua, didukung kuat oleh Ayahnya yang menjadi panutannya, Cindy Kartika berhasil menjadi Pasukan Garuda atau Pasukan Pemelihara Perdamaian Dunia di Afrika Kongo yang disebut dengan Misi Garuda."Menjadi Pasukan Garuda di Afrika -Kongo bukanlah hal gampang, laki-laki belum tentu, banyak yang harus dilalui", kata Azhari yang kini masih tinggal di Bengkalis setelah pensiun.

Laki-laki berusia 54 tahun Prajurit TNI itu mengatakan bahwa kebahagiaannya berlipat ganda.

Pertama, putrinya Cindy Kartika telah berhasil meneruskan cita-citanya menjadi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) untuk menjaga Pertahanan dan Keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kedua, tidak lama setelah menjadi Prajurit Wanita TNI AD, kini putrinya Serda Cindy Kartika bukan saja menjaga Pertahanan dan Keamanan NKRI tetapi juga telah menjadi Pasukan Garuda yang bertugas menjadi Pemelihara Perdamaian Dunia di Afrika Kongo.

Ketiga, putrinya Serda Cindy Kartika merupakan perempuan pertama dari Kabupaten Bengkalis yang menjadi Pasukan Garuda, hal ini bisa menjadi contoh dan motivasi bagi Kaum Hawa atau Putri-putri Bengkalis."Siapa sih gak bangga dan bahagia, Perempuan Pertama dari Kabupaten Bengkalis menjadi Pasukan Garuda dan bertugas di Luar Negeri?? Saya juga bangga melihat Ibu Kasmarni,Perempuan Pertama yang menjadi Bupati Bengkalis. Mereka sama-sama Perempuan Terbaik Bengkalis", cerca Serda (Purn) Azhari.

Serda Azhari mengatakan pernah memberitahukan tentang putrinya ini ke beberapa orang di kalangan pemerintahan Bengkalis, namun dia menduga hal ini belum sampai kepada Orang Nomor Satu di Negeri Junjungan ini. (RIAN SUMARLIN)

 

Post a Comment

0 Comments