Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata Menghadiri Acara Deklarasi ODF Di Desa Cintakarya

Pangandaran – LHI.

Lima Desa di wilayah kerja Puskesmas Selasarii Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran telah mendeklarasikan diri sebagai desa Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar di sembarang tempat, yang di pusatkan di Aula Desa Cintakarya pada Selasa (31/5/2022).

Kegiatan deklarasi ODF tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata, Ketua PKK Kabupaten Pangandaran Hj Ida Nurlaela Wiradinata, Camat Parigi Nana Sukarna, Danpos AURI, Danramil Parigi, Kapolres Parigi beserta jajaran OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pangandaran.

Dalam kesempatan tersebut, Wawang Darmawan selaku Kepala Desa Cintakarya  sekaligus Ketua panitia menyampaikan ucapan terimakasih Kepada Bupati Pangandaran yang telah bersedia hadir dalam kegiatan deklarasi ODF.

Desa Cintakarya yang merupakan desa ke 3 di wilayah kerja Puskesmas selasari, yang berkomitmen untuk mendeklarasikan ODF untuk desa Cintakarya.

Desa Cintakarya secara geografis terletak di wilayah perkantoran pemerintah Kabupaten Pangandaran, tentunya Desa Cintakarya harus terlihat rapih dan sehat, maka dapat kita pastikan tidak ada lagi warga yang buang air besar sembarangan,jelasnya.

Pada kesempatan sambutnya, Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata menyampaikan, suatu kebersamaan yang di bangun antara Puskesmas Selasari dengan Desa Cintakarya serta Camat Parigi juga seluruh stakeholder yang ada di Desa Cintakarya, Alhamdulillah pada hari ini sudah mendeklarasikan ODF.

"Tentu tdak buang air sembarangan merupakan menciptakan lingkungan yang sehat, lingkungan yang sehat merupakan pariabel utama atau komponen utama dalam rangka mewujudkan kesehatan masyarakat di Cintakarya atau di Kabupaten Pangandaran pada khususnya.

"Dijelaskan Bupati, bahwa sampai hari ini sudah 48 desa yang atau 51,6% yang sudah mendeklarasikan ODF, sementara untuk kecamatan Parigi tinggal 4 desa lagi, untuk wilayah kerja Puskesmas Selasari ada 2 desa, yaitu Desa Cintaratu dan Desa Bojong.

"Untuk para Kades, kalau niat dan fokus sebetulnya tidak ada yang susah, kata Bupat Jeje, paling lambat insyaaloh 1 bulan selesai,

Semua yang kita lakukan ini merupakan bagian dari konsep kota baru di Kabupaten Pangandaran, Desa Cintakarya adalah ibu kota Kabupaten Pangandaran, lalu coba kita bayangkan kalau tiba-tiba ada tamu dari luar kota datang ke Pangandaran melihat becak di kolam tempat buang air besar, tentu sangat mamalukan, sekali lagi terimakasih atas kerjasamanya, pungkasnya. (AS)


Post a Comment

0 Comments