PLT Kapolres Pangandaran Hadiri Acara Silaturahmi Bersama Warga Langkaplancar




Pangandaran LHI

Kapolres Pangandaran menghadiri acara silaturahmi dan buka puasa bersama dengan warga Langkaplancar yang tergabung di Himpunan Peternak Domba, Kambing Indonesia (HPDKI) Kecamatan Langkaplancar, bertempat di blok Bulak Lega, Langkaplancar pada Senin (11/4/2022).

Hadir pada acara tersebut Kasat Reskrim  Luhur Sitorus, SH.MH, Kapolsek Langkaplancar Iptu Dahlan dan puluhan warga Langkaplancar yang tergabung di HPDKI.

Kegiatan silaturahmi tersebut diisi dengan kegiatan diskusi dengan warga terkait penangkapan empat orang sindikat  pencuri hewan ternak milik warga dan dilanjutkan buka puasa bersama.

Saat diwawancara LHI, Anton selaku tokoh masyarakat Langkaplancar mengatakan, dalam kunjungan Kapolres Pangandaran ke Langkaplancar ini bertujuan untuk meningkatkan nilai silaturahmi antara masyarakat dengan kepolisian dari Polres Pangandaran.

Berkaitan dengan kunjungan Kapolres Pangandaran ini ada kaitannya dengan kejadian penangkapan sindikat pencuri hewan ternak di wilayah Langkaplancar pada beberapa minggu yang lalu, yang dianggap sebuah kejadian luar biasa.

Dikatakan Anton, beberapa waktu yang lalu, telah terjadi pencurian domba yang terus menerus, dan menurut saya itu masif, "Perlu di ketahui berternak domba di langkaplancar adalah merupakan warisan adat, artinya hampir di setiap rumah pasti memiliki domba,

"Maka dengan kejadian kemarin sangat berdampak pada keresahan sosial, karena peternakan menjadi aset penting dalam kehidupan masyarakat Langkaplancar, tegas Anton.

Seiring dengan terjadinya pencurian domba yang terus menerus, saya melihat tidak ada perhatian khusus dari pemerintah, seperti dari para kepal desa untuk membangun sebuah rapat kerja yang melibatkan masyarakat.

Maka dari hal seperti itu, lahirlah sebuah inisiatif yaitu membangun sebuah himpunan kelompok domba, dan kelompok peduli masyarakat serta berkoordinasi dengan kepolisian untuk membangun Kamling, tambahnya.

Masih kata Anton, yang kita inginkan meningkatkan sinergitas dengan semua komponen, dan ini harus menjadi kejadian luar biasa.

Alhamdulillah, tambah Anton, atas inisiatif unsur masyarakat, kelompok domba dan Aparat Penegak Hukum, akhirnya tertangkaplah pencuri domba tersebut.

"Ketika ini sudah menjadi proses hukum, melalui kunjungan silaturahmi Pak Kapolres hari ini, masyarakat ingin sekali menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kepolisian dari mulai Polsek Langkaplancar dan Polres Pangandaran yang sudah melakukan penangkapan pencuri hewan ternak tersebut.

Namun masyarakat juga ingin mendorong pihak kepolisian untuk mengusut tuntas para sindikat pencuriaan domba di Langkaplancar ini, karena disinyalir masih ada orang orang yang terlibat atas kejadian pencurian domba ini, pungkas Anton.

Sementara disela kegiatannya, PLT Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat SH.SIK. mengatakan, Alhamdulillah hari ini saya bisa bersilaturahmi dan buka bersama dengan masyarakat dan kawan kawan dari Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) kecamatan Langkaplancar.

Kegiatan ini merupakan bentuk silaturahmi kami dari Polres Pangandaran dengan warga Langkaplancar, lebih khusus lagi dengan HPDKI kecamatan Langkaplancar, jelasnya.

AKBP Hidayat menambahkan, ternyata masyarakat Langkaplancar ini memiliki budaya tradisi yang turun temurun yaitu memelihara domba atau kambing."Memang ini sesuatu yang baik dan kedepannya kita bisa lebih bersinergi dengan masyarakat Langkaplancar, paparnya.

Karena ternya teman teman dari HPDKI mempunyai program program untuk menggiatkan kembali kegiatan perdombaan, tambahnya.

Kalau untuk penangkapan sindikat pencuri domba yang terjadi kemarin itu masih kita lakukan pengembangan."Semoga nantinya bisa berkembang kepada pelaku pelaku lainnya, mungkin selama ini para pelaku mengetahui bahwa disini banya peternak domba.

Mudah mudahan kita secepatnya dapat mengungkap kejadian kejadian yang terjadi di Langkaplancar, karena teman teman HPDKI juga ikut membantu untuk mendalami persoalan ini, pungkasnya. (AS)*

 

Post a Comment

0 Comments