Disparpora Rohil Buka Festival Meriam Buluh Yang Ke 2 Di TPTM Di Taja Oleh Lembaga Tepak Sirih


Rokan Hilir - LHI

Lembaga Tepak Sirih Kabupaten Rokan Hilir kembali menggelar Festival  meriam buluh Yang ke 2 pada malam 27 Ramadhan 1443 Hijriah/2022Masehi,

kegiatan dalam rangka memeriahkan malam 27 Ramadhan dan melestarikan permainan masyarakat jaman dahulu Meriam sendiri merupakan salah satu permainan tradisional yang terbuat dari Bambu Kalau Bahasa Melayu nya Meriam Buluh.

Dimana bambu tersebut dibentuk seperti meriam yang menghasilkan permainan mengasikan. Mariam Buluh tidak saja disukai anak-anak dan remaja, namun juga orang dewasa. dibuka langsung oleh Kepala  Dinas pariwisata pemuda dan olahraga (Disparpora) Kabupaten Rokan Hilir Diwakili oleh Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Upi Hamdani

Bertempat di Halaman Kantor Penghulu Melayu Besar Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, Kamis (28/4/2022) malam 27 Ramadhan.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Di hadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Rokan Hilir di Wakili oleh Kabid ekonomi kreatif bapak UPI, Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir ibu Elfa Rinda,Datuk Penghulu Melayu Besar diwakili oleh sekdes bapak milhan, Pengurus dan Pembina Lembaga Tepak Sirih Serta  masyarakat Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau.


 

Peresmian Festival lomba Meriam Buluh (Bambu) yang ke 2 di kecamatan Tanah putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau. ditandai peletupan Meriam Buluh oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Rokan Hilir yang di wakili oleh Kabid Ekonomi Kreatif Upi Hamdani didampingi Oleh Ketua Lembaga Tepak Sirih Rahmat Pantun.

Dalam pidatonya Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Rokan Hilir mengapresiasi pelaksanaan kegiatan itu, dikatakannya kegiatan ini murni tumbuh dan berkembang ditengah masyarakat dan sudah menjadi tradisi dari jaman dulu permainan rakyat anak -anak jaman dahulu sambil menunggu berbuka puasa dan sesudah Terawih.

untuk itu Kabid Ekonomi Kreatif berharap kegiatan ini harus terus dilestarikan jika perlu dikemas sedemikian rupa agar makna dari kegiatan festival Meriam Buluh melekat dihati masyarakat. Insyaallah nanti kami akan masukan di Kalender Pariwisata Kabupaten Rokan Hilir Menjadi Iven Tahunan hal itu kemaren sudah di sampai kan Kadis Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Rokan Hilir kemaren semoga kedepannya bisa," kegiatan Meriam Buluh permainan Tradisional masyarakat Melayu zaman dulu yang juga layak dilestarikan.jelas Kabid Ekraf.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Lembaga Tepak Sirih Muhamad Sarbaini Akrab Disapa Rahmat Pantun dikatakannya Mengucapkan Terimakasih Ats Kehadiran Dari dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Rokan Hilir Jauh jauh datang dari Bagan Siapi-api Hanya untuk Membuka dan melihat Permainan Festival Meriam Buluh Terimakasih juga atas Tamu undangan yang hadir seperti Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir ibu Elfa Rinda Dan Perwakilan Kepenghuluan Melayu Besar Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan.

Alhamdulillah acara sederhana  ini sukses kami laksanakan berkat dukungan seluruh donatur Dan sponsor yang terlibat dalam Acara ini yang tak bisa saya sebutkan satu persatu semoga Rezeki nya melimpah

Adapun aspek penilaian yang dilakukan oleh panitia seperti dikatakan Rahmat Pantun suara Meriam Harus kuat

Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hilir berharap kedepan Ivent ini akan terus berlanjut dan dapat menjadi potensi wisata budaya pemainnan Rakyat." (SYAIPUL BAHRI)

Post a Comment

0 Comments