Bupati Rohil Buka Sosialisasi Era Bonus Demografi




Rokan Hilir-LHI

Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIp secara resmi membuka kegiatan sosialisasi seminar era bonus demografi, Kamis (17/3/2022) di gedung Misran Rais Bagansiapiapi.

Kegiatan yang diadakan Himpunan Mahasiswa Rokan Hilir (Hipemarohi) Jakarta ini bertemakan menciptakan kualitas SDM dalam rangka meningkatkan potensi daerah.

Para peserta merupakan berbagai kepala sekolah SMA dan SMK yang ada di Rohil serta beberapa siswa siswi SMA agar kedepannya diharapkan banyak siswa siswi SMA dan SMK di Rohil yang tamat dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta dengan memanfaatkan peluang beasiswa yang ada di Jabodetabek.

Syafrudin Ketua Hipemarohi Jakarta dalam sambutannya mengatakan, saat ini di Rohil masih banyak anak-anak Rohil yang tamat SMA dan SMK tapi tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal itu dikarenakan takut tidak sanggup untuk membiayai kuliahnya.

Pada kesempatan ini dia menjelaskan di Jakarta semua daerah banyak mempunyai peluang untuk mendapatkan beasiswa. "Tidak dapatnya kita beasiswa itu dikarenakan kita kurang nya informasi terkait adanya beasiswa di masing-masing kampus yang ada, padahal kita bisa kuliah tanpa mengeluarkan biaya," sebutnya.

Dengan adanya acara ini, Afrizal Sintong mengharapkan kedepannya akan semakin banyak anak-anak Rohil yang tamat SMA untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah dengan memanfaatkan peluang Beasiswa yang ada di Jabodetabek.

Bupati Rohil inginkan, mahasiswa yang kuliah bukan hanya sekedar kuliah, tapi kuliah mampu mandiri sambil bekerja, sehingga begitu tamat sudah mempunyai lapangan pekerjaan dan tidak jadi beban keluarga lagi.

"Kami pemerintah daerah mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada anak-anak kita mahasiswa Rohil yang di Jakarta yang menyelenggarakan kegiatan ini bersama dinas pendidikan Provinsi Riau," ucapnya.

Sementara itu Dasril menjelaskan, era bonus demografi ini diasumsikan akan mulai pada tahun 2030 mendatang. Ditahun ini, manusia yang usia peroduktif mulai usia 16 sampai 64 tahun akan semakin banyak.

Sehingga lanjutnya, peluang dan tantangan akan semakin banyak. Jika ini tidak disikapi sejak awal, maka generasi bangsa akan semakin terpuruk.

"Disinilah sangat kita harapkan kreatifitas mahasiswa, jangan pernah malas karena kalian adalah generasi penerusnya, terus berkarya berbuat baik untuk negri ini, semoga jadi orang yang berhasil," tandasnya.

Turut hadir dalam acara itu, Dasril, Kabid Pendataan dan Pengembangan Pendidikan, Asisten II Ali Asfar, Dirut BUMD Rohil Kasmer Dahlan dan Sekretaris Disdik Rohil."(SB)*

 

 

Post a Comment

0 Comments