Persiapan Perhelatan Nasional Pemilu 2024, Kapolda Riau jalin Koordinasi dengan KPU Riau


PEKANBARU – LHI.

Kapolda Riau Irjend Pol Mohammad Iqbal S.I.K., M.H yang didampingi oleh Dir IK Polda Riau Kombes Pol Aris Prasetyo Indaryanto S.I.K, M.Si dan Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto serta Kasubdit Politik Dit Intelkam Polda Riau AKBP Bainar, SH, MH berkunjung ke kantor KPU Riau Jl. Gajahmada No. 200 Pekanbaru, Rabu (16/02/22).

Kunjungan rombongan Kapolda Riau diterima langsung oleh Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir beserta 4 Anggota KPU Riau, berturut-turut Firdaus, Nugroho Noto Susanto, Abdul Rahman dan Joni Suhaidi. Rombongan diterima di ruang aula Lt. 2 Kantor KPU Riau.

Kunjungan ini adalah kali pertama Irjend Pol Muhammad Iqbal ke Kantor KPU Riau pasca dilantik menjadi Kapolda Riau beberapa waktu yang lalu. Ini merupakan bentuk silaturahmi Kapolda yang baru dengan KPU Riau sebagai penyelenggara Pemilu, mengingat pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan tahun 2024 yang akan datang sudah disahkan.

Dalam sambutannya Kapolda Riau memperkenalkan diri dan jajarannya, Polda Riau sepenuhnya mendukung kerja KPU dalam Mensukseskan Pemilu dan Pemilihan tahun 2024 serta diharapkan Polri dan KPU dapat bersinergi melaksanakan setiap Tahapan Pemilu dan Pemilihan dengan baik.

Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir mengucapkan terimakasih atas kunjungan Kapolda ke Kantor KPU Riau, kedatangan Bapak Kapolda beserta jajarannya bisa menjadi penyemangat dan support kami dalam menjalankan tugas, terang Ilham.

KPU RI telah meluncurkan hari pemungutan suara Pemilu tahun 2024 pada 14 Feb 2022 secara virtual, dan untuk saat ini KPU Riau sedang melakukan giat kunjungan ke kantor Parpol baik Parpol peserta Pemilu 2019 maupun Parpol baru bakal calon peserta Pemilu 2024, langkah ini sebagai bentuk sosialisasi dan sharing informasi terkait Kepemiluan.

Anggota KPU Riau Joni Suhaidi selaku Kordiv Teknis Penyelenggara turut menambahkan bahwa pada tahun ini terdapat 2 kegiatan krusial terkait Pemilu tahun 2024 yaitu verifikasi Parpol serta penetapan Dapil. Proses verifikasi Parpol akan dilakukan bulan Juni tahun 2022, terang Joni Suhaidi.

Sementara Abdul Rahman selaku Kordiv Program dan Data menyoroti permasalahan tapal batas wilayah antar Kabupaten/Kota yang belum selesai, seperti contoh batas wilayah Kota Dumai dan Kab. Rohil yang masih meninggalkan problem.

Pada sesi berikutnya giliran Nugroho Noto Susanto menyampaikan 2 point terkait Pemilu dan Pemilih 2024 yakni Pemilu dan Pemilihan mendatang kemungkinan akan mengadopsi tata cara kampanye pada Pemilu 2020 karena masih dalam masa pandemi. Dan berharap kedepan KPU Riau dapat bersinergi dengan Polda Riau mengantisipasi banyak nya berita hoaks dalam Pemilu tahun 2024.

Kapolda Riau menanggapi informasi yang disampaikan oleh para Komisioner, bahwa Polri khususnya Polda Riau siap mendukung dan mengamankan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan 2024 karena itu sudah menjadi komitmen dan tugas kami.

“Terkait dengan beberapa permasalahan yang masih terjadi, kami akan terus pantau dan bawa dalam sebuah rapat di Polda Riau, ujar Kapolda. Untuk meminimalisir berbagai kemungkinan kita harus saling berkoordinasi dan berkomunikasi,” tegas Kapolda.

Sementara untuk jajaran intern Polda Riau, Kapolda berpesan agar Intel Polda harus lebih intensif lagi berkoordinasi dan berkomunikasi dengan KPU Riau sehingga dapat mengetahui dengan cepat berbagai permasalahan, atau potensi permasalahan, pungkas Kapolda. (SB)

Post a Comment

0 Comments