Pemda Rohil dan KPU Siap Sukseskan Pemilu Serentak 2024


Rokan Hilir – LHI.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia secara resmi melaksanakan peluncuran hari pemungutan suara Pemilu serentak 2024 yang dilakukan secara virtual se Indonesia, Senin (14/2/2022) malam.

Untuk Kabupaten Rohil, acara peluncuran dilaksanakan di Media Center KPU dan dihadiri Wakil Bupati Rohil H. Sulaiman, SS, MH, Ketua DPRD Rohil Maston, Asisten I Setdakab Rohil, Ferry H Parya, Ketua KPU Rohil Supriyanto, Komisioner KPU Rohil, Hendra Noer, SE, Komisioner Bawaslu Rohil Jaka Abdillah, Zubaidah, SE,  Kapolsek Bangko AKP Dedi Susanto, Pasi Ops Kodim 0321 Rohil beserta seluruh perwakilan Pengurus Partai Politik.

"Malam ini KPU telah meluncurkan hari dan tanggal Pemilu serentak tahun 2024, kita yakin bahwa Pemilu ini akan berjalan dengan baik karena telah dilakukan persiapan dari sekarang dan bersungguh-sungguh," kata Wabup H Sulaiman kepada para awak media.

Untuk Kabupaten Rohil sendiri lanjut Wabup, pelaksanaan Pilkada selama ini dinilai sudah berjalan dengan baik. Sebab terangnya, partisipasi pemilih terus mengalami peningkatan disetiap pelaksanaan Pemilu.

"Hal ini  tentu karena  kepercayaan masyarakat terhadap KPU semakin tinggi dan kita berharap kedepan terus mengalami peningkatan, " sebutnya.

Dalam menghadapi dan mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 kedepan tambah Wabup, pemerintan daerah tentunya siap mendukung sepenuhnya dan akan bekerjasama dengan KPU.

"Berkaitan data pemilih, nantinya melalui Disdukcapil kita akan berkolaborasi dengan KPU dalam perbaikan data. Sebab, tentu ada perubahan data baik yang keluar maupun yang masuk," terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Rohil Supriyanto menyebutkan bahwa, sebelum peluncuran hari dan tanggal Pemilu serentak 2024, pihaknya juga telah melaksanakan berbagai kegiatan sosialisasi kepada masyarakat.

Launching hari ini merupakan salah satu bagian dari sosialisasi yang kita lakukan. Sebelumnya pada akhir tahun 2021 kita juga telah melaksanakan sosialisasi yang bekerjasama dengan Pemda melalui  Kesbangpol seperti memberikan pendidikan pemilih khususnya di Desa yang partisipasi nya rendah.

"Proses ini kita lakukan, jadi tidak mesti masuk tahapan Pemilu baru kita lakukan sosialisasi," sebutnya.

Selain memberikan pendidikan pemilih kepada desa yang partisipasi nya rendah kata Supriyanto lagi, KPU Rohil juga melakukan sosialisasi seperti podcast.

"Podcast ini sudah berjalan sejak bulan november 2021 dan kita juga ada kajian-kajian hukum yang berkaitan dengan putusan-putusan MK di internal sebagai peningkatan kapasitas SDM," katanya.

Selain  itu tambahnya lagi, langkah yang sudah dilakukan KPU Rohil menjelang tahapan Pemilu serentak 2024, pihaknya telah melaksanakan penguatan kapasitas SDM dalam bentuk kajian baik berkaitan dengan pemilu maupun  kajian  hukum yang berkaitan dengan  proses pemilihan sebelumnya sebagai bahan evaluasi dalam pelaksanaan pemilu 2024. (SB)*

Post a Comment

0 Comments