Launching Hari Pemilu Serentak 2024, Polres Siap Amankan Semua Tahapan di Meranti

 


Meranti ,LHI

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin (14/2/2022) malam, telah resmi meluncurkan hari Pemilu serentak tahun 2024 mendatang secara live streaming dengan seluruh KPU di Indonesia.

Dasar dari pelaksanaan Pemilu serentak tersebut yakni, surat KPU RI Nomor 21 Tahun 2021 yang menetapkan pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 adalah hari dan tanggal dilaksanakannya pemungutan suara.

Atas penetapan itu, Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid SPdI mengatakan, pihaknya selaku penyelenggara tentunya tidak dapat melaksanakan Pemilu serantak secara sendirian saja. Namun, diperlukan peran serta dari instansi terkait untuk dapat menyukseskannya.

"Sesuai perintah dari KPU RI itu, bahwa pelaksanaan Pemilu serentak kali ini akan kita laksanakan pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 mendatang," kata Hamid dalam sambutannya usai menyaksikan live streaming KPU RI, di aula kantor KPUD Kepulauan Meranti, Jln Dorak Kecamatan Tebingtinggi, bersama unsur Forkopimda.

Diakuinya, kesuksesan helat pesta demokrasi nantinya tentu dapat dilihat dari sinergi antar seluruh instansi yang ada.

Intinya, kami tidak bisa bekerja sendirian. Tentu harus dengan sinergitas bersama Pemda, Bawaslu, TNI, Polri, dan unsur terkait lainnya. Disamping partisipasi dari masyarakat selaku pengguna hak suara," tuturnya.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihak kepolisian, khususnya Polres yang ia pimpin, siap dalam mengamankan setiap tahapan demi terlaksananya dengan sukses Pemilu serentak pada 2024 nanti.

"Walaupun akan dilaksanakan dua tahun lagi, yakni pada tahun 2024 mendatang, namun perlunya persiapan-persiapan yang matang agar tidak terjadinya gangguan Kamtibmas di tengah masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar, meminta kepada segenap jajarannya untu siap  bersama-sama untuk bersinergi dalam menyukseskan Pemilu serentak kali ini.

"Pemilu yang kita nilai sukses adalah terciptanya pemilihan yang tidak menimbulkan keributan, baik dari calon, pendukung calon, ataupun partai politik pengusung maupun pendukung calon. Dengan begitu, maka terciptalah Pemilu aman, damai, dan sukses," ucapnya.

Ikut hadir dalam kegiatan itu, Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti Syamsurizal SIP, Wakil Ketua DPRD Iskandar Budiman SE, Danramil 02 Tebingtinggi Mayor Suratno, Danposal Selatpanjang Letda Laut Jerry Hendra, para komisioner KPUD dan pengurus Parpol se-Kepulauan Meranti.

Untuk diketahui, launching dimaksudkan sebagai informasi kepada masyarakat dan stake holder terkait, sehingga dapat menggunakan hak suaranya pada Pemilu nantinya. Dimana, tahapannya akan dimulai pada Juni 2022 ini.

KPU sendiri akan terus berinovasi dan mengembangkan diri, menyiapkan SDM serta regulasi-regulasi dalam melaksanakan Pemilu serentak pada 2024 mendatang.*(PONIATUN)***

 

Post a Comment

0 Comments