KPK Lanjutkan Penahanan 40 Hari TSK HS, RW Dan Periksa Kembali 14 Saksi

Jakarta, LHI

Juru Bicara KPK Bidang Penindakan dan kelembagaan menegaskan kepada LHI, bahwa Tim Penyidik  KPK melanjutkan masa penahanan Tersangka HS (Herman Sutrisno) dan Tersangka RW (Rahmat Wardi) untuk masing-masing selama 40 hari kedepan, dalam rentang waktu terhitung mulai 12 Januari 2022 s/d 20 Februari 2022.

Senin (11/1) Ali Fikri menerangkan untuk tersangka HS tetap ditahan di Rutan KPK gedung Merah Putih dan tersangka RW tetap ditahan di Rutan KPK pada Kavling C1.

Ia mengatakan terkait pengumpulan alat bukti hingga saat ini masih terus berlangsung dengan diantaranya memanggil saksi-saksi untuk menjelaskan dugaan perbuatan para Tersangka.

Sebagaimana yang di utarakan oleh Ketua KPK RI Firli Bahuri saat konferensi pers penetapan TSK dugaan tindak pidana korupsi di tubuh Pemkot Banjar, dalam prosesnya Tim penyidik KPK telah memeriksa saksi sekitar 127 orang dan untuk memaksimalkan pemberkasan perkara, Tim penyidik KPK melakukan upaya paksa penangkapan pada para tersangka HS dan RW.

Di akuinya bahwa KPK tidak berhenti disini, mengingat daftar panjang dugaan tindak pidana korupsi di tubuh Pemkot Banjar dalam daftar proses dari Tahun Anggaran 2008 hingga 2017. KPK terus bekerja keras secara profesional dengan ketentuan hukum yang berlaku dan sedang menghitung jumlah kerugian Negara atas perkara ini. 

Untuk mendalami tersangka KPK kini sedang memeriksa 14 saksi (11-12/1) baik dari kalangan para pejabat Pemkot Banjar maupun dari para saksi pihak swasta dan karyawan BUMN Bank BJB Cabang Banjar atas penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi terkait proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas PUPR Kota Banjar tahun 2012-2017. 

Adapun ke 14 saksi yang sedang diperiksa Tim Penyidik KPK adalah; (11/1) Harun Al Rasyid sebagai ASN/ Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPRPKP Kota Banjar masa jabatan Tahun 2017-2020, Agus Syarifudin selaku ASN/ Kabid Bina Marga Dinas PUPRPKP Kota Banjar tahun 2017-2020, Hilman Sembada sebagai Karyawan BUMN (BJB Kantor Cabang Banjar), Ir. H. Sutramin sebagai Kepala Dinas PU, Perhubungan, Pertambangan dan Energi Kota Banjar masa jabatan Tahun 2003 s.d 2004, Drs. Subagio ASN Dinas PU, Perhubungan, Pertambangan dan Energi Kota Banjar Tahun menjabat 2003 s.d 2004, Ir. H. Tomy Subagja selaku Kepala Dinas PUPR Kota Banjar tahun 2020 s.d sekarang, dan Aceu Roslinawati Pemimpin BJB Cabang Banjar periode Tahun (2012-2017) dan (12/1)Drs H. Yoyo Suharyono selaku Kepala Dinas Cipta karya, Kebersihan , Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Tahun 2013, Dadang Almsyah sebagai Direktur PT CAHAYA KRISTAL PUTRA, E. Sutardi Hakim selaku Swasta (Mantan Gapensi), Saeful Akbar sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjar Tahun 2010, Enang Supyana sebagai Direktur PT Harisma Bakti Utama, Muhtar, S.PD sebagai Direktur CV.SINAR RAHAYU, dan Hj. OTTI SRIWINARTI seorang Swasta. (E 14 Y)

Post a Comment

0 Comments