Bupati Meranti Serahkan 20 Ekor Sapi di Desa Gogok



Meranti – LHI

Sebayak 20 ekor sapi jenis Peranakan Ongole (PO) diserahkan oleh Bupati Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil kepada kelompok Makmur Jaya di Desa Gogok Darussalam Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kamis (20/1/2022).

Bupati berharap kepada peternak penerima bantuan tersebut, untuk bisa menjaga dan memelihara dengan baik."Jaga dengan baik, jangan dijual kecuali sudah dikembangbiakkan atau sudah beranak," ujarnya.

Dia juga memerintahkan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Peternakan Kepulauan Meranti untuk terus memberikan pendampingan kepada para peternak tersebut. Sehingga mampu dikembangbiakkan untuk pengembangan sapi jenis tersebut di Meranti.

"Ajari cara mengawinkan dengan proses suntik. Kita berharap dalam lima tahun ini Meranti berhasil menuju swasembada daging," ungkap Bupati.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Kepulauan Meranti, Ifwandi menjelaskan sapi tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian lewat Dirjen Peternakan. Sapi sebanyak 20 ekor itu untuk 1 kelompok yang terdiri dari 10 peternak di Desa Gogok.

"Sapi jenis PO ini betina semuanya dan dalam usia yang sudah siap dikawinkan. Tenaga inseminator kita sudah siap, hanya menunggu masa pemulihannya saja, karena masih kelelahan baru tiba di Meranti," kata Ifwandi.

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada pihak Kementerian Pertanian karena sudah mengalokasikan bantuan sapi tersebut untuk peternak di Meranti. "Kedepan kita berharap lebih banyak bantuan serupa untuk peternak kita. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya peternak," ungkapnya.

Sasi Kirono, Ketua Kelompok Peternak Makmur Jaya Desa Gogok Darussalam mengaku sangat senang dengan bantuan sapi tersebut. "Akan kami jaga dan kami rawat sebaik mungkin agar bisa berkembang biak lebih banyak kedepannya," ucap Sasi Kirono. (RAMLI ISHAK/ Prokopim)

 

 

Post a Comment

0 Comments