Kodim 0726/Sukoharjo Gelar Kegiatan Binter Terpadu Pendampingan UMKM Bersama Babinsa


Sukoharjo LHI

Kodim 0726/Sukoharjo melaksanakan kegiatan Pembinaan Teritorial terpadu pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bersama Babinsa di Aula Makodim 0726/Sukoharjo Kamis, (16/12/21) dengan thema “GO DIGITAL BERSAMA BABINSA”.

Dalam kegiatan tersebut, Kodim 0726/Sukoharjo mendatangkan narasumber dari Shopee dan Bank Jateng untuk memberikan materi dalam menunjang para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar dapat bersaing di pangsa pasar menuju Go Digital.

Dandim 0726/Sukoharjo Letnan Kolonel Inf Agus Adhy Darmawan, S.I.P., M.I. Pol dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dengan adanya kegiatan ini supaya para pelaku UMKM mendapat ilmu tentang cara bagaimana produk UMKM dapat masuk kedalam platform digital marketing, sehingga produk dapat mudah dikenal lebih luas serta memiliki kualitas yang lebih baik."Disamping membantu mendampingi pelaku UMKM agar dapat meningkatkan kualitas produk,

Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya untuk mendukung pemerintah dalam kegiatan pemulihan ekonomi masyarakat dan pemulihan ekonomi nasional", terang Dandim 0726/Sukoharjo.

" Dengan adanya kegiatan ini, pelaku usaha mendapatkan materi dan ilmu, sehingga mereka terbantu mengenai cara untuk pengembangan produktivitas, pemasaran serta bagaimana cara penanganan dalam permasalahan kekurangan modal usaha agar pasar pemasaran lebih luas, kualitas baik, harga bersaing, branding, packaging, dan siap global,” Lebih lanjut, Dandim menjelaskan.

Pandemi Covid-19 hampir dua tahun melanda Indonesia, hal tersebut sangat berdampak diberbagai bidang. Salah satunya adalah dibidang perekonomian.

Pasiterdim 0726/Sukoharjo Kapten Czi Hartono mengatakan bahwa sekitar 30 orang peserta kegiatan Pembinaan Teritorial terpadu pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bersama Babinsa ini  cukup antusias dan bersemangat dengan membawa sample-sample produk unggulannya.

"Dengan adanya penjelasan dari pemateri tentang pemasaran produk-produk UMKM dengan Go Digital bersama Shopee secara online semoga para peserta dapat memanfaatkannya dengan masksimal, terkait dengan dana, anggaran dan pemodalan serta kendala-kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM peserta akan mendapatkan penjelasan dari Bank Jateng," tukas Pasiterdim.

Dalam kesempatan tersebut, Perwakilan Shopee Indonesia, Bp. Diaz, menjelaskan langkah-langkah dalam menuju Go Digital marketing. "Beberapa keuntungan yang didapat apabila masuk dalam Go Digital marketing, seperti dapat menjual barang dengan cepat yang dapat dilakukan dalam hitungan detik, dapat memudahkan si penjual dalam memasarkan barang dagangan dengan fitur foto," tukas bapak Diaz.

Selain itu beberapa keuntungan lain juga adanya kemudahan dalam memilih produk, fitur pemberitahuan tentang sistem pembayaran sampai dengan penyelesaian transaksi sehingga memudahkan penjual mengecek transaksi online, serta memiliki tampilan yang dikemas menarik dan dapat digunakan dengan mudah walaupun oleh pengguna baru.

Sementara itu perwakilan dari Bank Jateng Bp. Arga, menjelaskan dalam mengatasi permasalahan keuangan Bank Jateng siap membantu para pelaku UMKM dengan menyediakan berbagai produk Unggulannya, seperti KUR Jateng. "Selain itu Bank Jateng juga meluncurkan Program DPLK "Setia" (Sejahtera Tiada Akhir) untuk membantu pelaku usaha pada masa tuanya nanti," terang Bapak Arga.

Sementara itu salah seorang peserta pembekalan ibu Eni Yuniarti mengatakan sangat berterima kasih dengan adanya fasilitasi dari Kodim 0726/Sukoharjo terkait pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bersama Babinsa di Aula Makodim 0726/Sukoharjo ini.

“Alhamdulillah hari ini Kodim 0726/Sukoharjo telah menfasilitasi kami bertemu dengan fihak Shopee dan Bank Jateng, harapan kami ke depannya usaha UMKM kami bisa naik kelas dengan target pemasaran yang lebih luas lagi hingga sampai ke luar negeri,” tukas ibu Eni Yuniarti.

“ Harapannya dengan adanya program “Go Digital” ini jangkauan dan target pemasaran UMKM kami lebih luas dapat menembus waktu dan tempat yang semakin jauh, bisa menembus kemana saja, itu intinya,” pungkasnya.(AGUS KEMPLU)

 

Post a Comment

0 Comments