Bupati Serahkan Kapal Bantuan Nelayan

MERANTI – LHI.

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil menyerahkan bantuan kapal untuk Kelompok Nelayan Sembilang Guba Kelurahan Telukbelitung Kecamatan Merbau, Sabtu (18/12/2021) di Pelabuhan Perikanan Selatpanjang.

Kepada para penerima, Adil berpesan untuk bisa menjaga kapal bantuan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 itu.

"Memang bantuan ini tidak seberapa, namun gunakanlah semaksimal mungkin agar bermanfaat dalam mencari rezeki," sebutnya.

Dia juga mengajak para nelayan untuk mengutamakan keselamatan di laut, apalagi di musim angin dan gelombang tinggi.

"Usahakan keselamatan, jangan dipaksakan kalau gelombang sedang tinggi. Ingat anak istri di rumah," ujarnya.

ia juga menginstruksikan Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Meranti untuk ekstra bekerja dalam merebut program dari pemerintah pusat. Sehingga, masyarakat khususnya para nelayan mendapatkan bantuan yang lebih banyak lagi.

"Semoga tahun depan lebih banyak lagi bantuan yang masuk ke Meranti, jangan cuma satu kapal untuk satu kelompok dengan 10 orang anggota," tegas Bupati Adil.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Meranti, Eldy Syahputra melaporkan kapal bantuan tersebut berukuran 5 GT dengan bahan fiber glass. Pagu anggaran pengadaan dari DAK sebesar Rp. 285.000.000.

"Ini merupakan salah satu kegiatan di bidang perikanan tangkap yang bertujuan untuk mendorong percepatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan," jelasnya.

Lebih lanjut dirincikannya, selain kapal juga dibantu alat penangkapan ikan (API) ramah lingkungan, jaring tangsi berukuran 0.3D mm, dalam 5,1 meter (dalam 3) mess size 24 inchi, dan panjang (webbing) 100 yard, dengan jumlah sebanyak 50 piece.

Selain itu juga ada sarana pendukung seperti life jacket atau jaket keselamatan sebanyak 2 buah, pelampung sebanyak 1 buah, lampu dan coobox kapasitas 200 liter 1 unit.

"Penerima ini telah terdaftar di Dinas Perikanan Kab. Kepulauan Meranti, telah memiliki Kartu Nelayan atau Kartu Pelaku Usaha Perikanan, melengkapi Surat Kesanggupan memanfaatkan Kapal Motor sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Nelayan Sembilang Guba Kelurahan Telukbelitung Kecamatan Merbau, Jamaludin (56) mengaku bersyukur mendapatkan kapal bantuan tersebut. Selama dia menjadi nelayan sejak puluhan tahun lalu, baru kali ini mendapatkan bantuan kapal.

"Alhamdulillah, kami sangat senang dan bersyukur. Akan kami manfaatkan dengan sebaik mungkin. Terimakasih kami ucapkan pada pemerintah," ucap Jamal.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Adil sempat mencoba untuk menakhodai sendiri kapal bantuan tersebut ke tengah laut lalu kembali ke pelabuhan.

Turut mendampingi bupati, Plh. Sekda Bambang Supriyanto, Asisten I Irmansyah, Kepala DPKAD Alamsyah Almubaraq dan sejumlah pejabat lainnya. (RAMLI ISHAK)

Post a Comment

0 Comments