Puluhan Awak Media Wilayah Pangandaran Hadiri Acara Workshop Bersama Dinas Kominfo Dan Kejaksaan Negeri Ciamis

Pangandaran, LHI.

Dinas Kominfo menyelenggarakan workshop bersama Kejaksaan Negeri Ciamis dan puluhan awak media lingkup Kabupaten Pangandaran dengan tema “Peran Pers Dalam Keterbukaan Informasi Publik yang merupakan salah satu bentuk strategi komunikasi sebagai wadah berbagi gagasan, inspirasi, dan informasi demi terwujudnya keterbukaan informasi publik.

Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Jaja Nurul Huda selaku Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian yang dilaksanakan di salahsatu rumah makan di kampung turis pantai barat Pangandaran, Rabu (24/11/2021).

Hadir sebagai nara sumber dari pejabat dari Kejaksaan Negeri Ciamis, Valentino Bidang Intelejen, Andi Manapung Bidang Pidsus, Ade Pramono Bidang BB dan Moh Andy Sofyan Bidang Datum.

Melalui sambutannya Jaja Nurul Huda menyampaikan, dalam sejarah tercatat peranan pers dalam era perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia cukup penting, terlebih di era teknologi informasi komunikasi yang menjadi tantangan bagi insan pers, agar tetap menjaga etika profesi dan keseimbangan informasi yang disampaikannya.

Jaja berharap, proses keterbukaan informasi Kominfo, Kejaksaan Negeri Ciamis dan insan pers berjalan selaras, harmonis, seiring dan sejalan, sehingga seluruh kegiatan positif di lingkup Pemkab Pangandaran dan Kejaksaan Negeri Ciamis dapat terpublikasi, sehingga seluruh informasi dapat terakses ke masyarakat.

Hal tersebut juga di sampaikan salah satu narasumber dari Kejaksaan Negeri Ciamis  melalui kegiatan ini supaya wartawan di Pangandaran khususnya mempunyai komitmen dan integritas terhadap profesinya, agar dalam menjalankan tugasnya penuh dengan rasa disiplin menjalankan aturan dan perundang undangan sebagai pedoman profesi wartawan.

Menurutnya partisipasi aktif jurnalis dinilai penting dalam menyampaikan informasi untuk mencerdaskan masyarakat melalui pemberitaan yang akurat, sesuai fakta, realistis, berimbang dan saat dipertanggungjawabkan, selain itu peran aktif jurnalis bisa menekan berita-berita hoaxs.

"Bukan hanya itu, melalui kegiatan workshop bersama sejumlah awak media ini, kita dari Kejaksaan Negeri Ciamis berharap kedepan semua kegiatan kegiatan kegiatan Kejaksaan Negeri Ciamis dapat terpublikasi.(AS)*

Post a Comment

0 Comments