Petugas Patroli Laut Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau di Tanjung Balai Karimun Harus Tegas Terhadap Kapal Motor Yang Membawa Barang Dagangan Dari Malaysia

 


Meranti LHI

Dengan banyaknya kapal motor yang membawa barang dagangan dari Malaysia ke Selatpanjang seperti baru-baru ini kapal hotri jaya milik Abeng warga selatpanjang rukonya yang berada di kawasan Sungai Juling sandar di Pelabuhan I Pelindo Tanjung Harapan Selatpanjang, penuh dengan muatan barang dagangan dari Malaysia.

Sewaktu LHI berada di pelabuhan tersebut, muatan barang dikapal tersebut masih tertutup dengan terpal. Dengan bebasnya kapal hotri jaya milik pengusaha Abeng di Selatpanjang keluar masuk dari malaysia membawa barang dagangan dengan tidak ada hambatan sampai oper skip barang-barang tersebut ke Pekanbaru melalui Pelabuhan Camat Tebing Tinggi Selatpanjang.

menurut keterangan Ketua Lembaga Ikatan Pecinta Kedualatan Rakyat kepada LHI mengatakan “ Kapal Hotri Jaya sudah puluhan tahun bongkar muat barang dari Malaysia hingga oper skip dari selatpanjang ke Pekanbaru, Riau. pegusaha Abeng pernah berdomisili di Malaysia untuk mengatur perjalanan barang-barang dagangannya, dan juga mempunyai gudang barang di Jalan Ibrahim Selatpanjang dan lainnya.

Untuk mengatur barang dagangan yang ada di Kapal Hotri Jaya pengusaha abeng adalah orang kepercayaannya bernama Abok yang beralamat rumahnya di Jalan Revolusi. Oleh sebab itu, satuan tugas patroli laut wilayah kantor bea cukai khusus Kepulauan Riau agar memeriksa dokumen pelindung maupun dokumen pabean barang-barang dagangan dari malaysia melalui kapal hotri jaya milik Abeng warga Selatpanjang.

Kapal-kapal muatan dari Selatpanjang Riau keluar negeri Malaysia membawa hasil hutan seperti arang bakau, yang diolah oleh pengusaha kilang arang di Meranti, kilang-kilang arang tersebut bernaung di Koperasi Kop Silva. Dengan adanya arang kayu bakau yang dibawa oleh pengusaha kapal-kapal motor dari selatpanjang keluar negeri apakah ada dokumen areal hutan penebangan kayu bakau? Inilah yang harus diperiksa oleh penegak hukum”, imbuh ketua ikatan pecinta kedaulatan rakyat. (PONIATUN)

 

 

Post a Comment

0 Comments