Mari Berzakat Via Baznas! Baznas Banjar Lantik Pengurus UPZ Se-Kecamatan Banjar

Banjar, LHI,- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Banjar melantik sekaligus memberikan pembinaan kepada UPZ Kecamatan, Desa dan kelurahan se-Kecamatan Banjar Kota Banjar. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Banjar Hari Senin (1/11/21).


Ketua Baznas Kota Banjar H. Abdul Kohar melantik sumpah jabatan kepada sejumlah pengurus UPZ yang didampingi pengurus Baznas H. Ruswa, H. Yayan, Kabag Kesra dan Camat Banjar. UPZ Baznas tingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan masing - masing tiga orang yakni Ketua, Sekertaris dan Bendahara. Masa jabatan UPZ Baznas berlaku dari Tahun 2021 hingga 2026. Ketentuan tersebut di atur dalam Undang - undang Perbaznas nomor 2 Tahun 2016 tentang pembentukan dan tata kerja Unit Pengumpulan Zakat (UPZ). 


"Mari UPZ Baznas di tingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan bersama-sama membangun kepercayaan dengan mengkampanyekan pengumpulan Zakat, Infaq dan Sedekah di daerahnya masing-masing". Ajak H. Abdul Kohar.


Ketua Baznas Kota Banjar H. Abdul Kohar menerangkan kepada LHI bahwa UPZ Baznas diberikan kewenangan  melakukan pengumpulan Zakat, Infaq dan Sedekah. Adapun Zakat Mal itu disetorkan ke Baznas dan khusus untuk infaq dan sedekah itu merupakan kewenangan UPZ untuk melakukan penyaluran langsung. Agnia di Banjar kurang lebih ada 12 ribu orang, akan tetapi yang sudah berjalan memberikan zakat melalui Baznas baru sekitar 87 Agnia.


Ditegaskanya H. Abdul Kohar bahwa yang berhak dan diberikan kewenangan oleh Negara untuk menerima dan menyalurkan Zakat hanya ada dua lembaga yakni Baznas dan LAZ (Lembaga Amil Zakat). "Bila ada lembaga lain yang mengumpulkan, mengelola Zakat itu berarti bertentangan dengan hukum perundang-undangan yang berlaku." Kata H. Abdul Kohar. 


Camat Banjar Asep Yani dalam sambutan pelantikan UPZ menghimbau, agar semua kepengurusan UPZ yang telah di lantik dapat bersama-sama bergerak mengoftimalkan pengumpulan Zakat, Infaq dan Sedekah se-Kecamatan Banjar sekaligus penyaluranya agar tepat dan merata kepada yang berhak sesuai anjuran dalam Islam. 


Ketua Baznas H. Abdul Kohar menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Kecamatan yang telah memberikan fasilitas tempat serta jamuan dan mendoakan semoga menjadi ibadah berlimpah pahala dan memperluas rejeki semuanya. 


Camat Banjar dan Ketua Baznas menyampiakan ucapan selamat kepada semua yang telah dilantik dan berharap dapat menjalankan tugas sebenar-benarnya. 


"Hari ini Baznas Kota Banjar menyalurkan bantuan sebanyak 70 orang khusus pelaku usaha kecil, masing - masing Desa/ Kelurahan 10 Orang. Ini tandanya penyaluran Zakat betul - betul merata di Kecamatan Banjar. Dari Zakat yang di setor ke Baznas semisal 1 Juta Rupiah, Alhamdulillah Baznas dapat menyalurkan 10 juta Rupiah kepada masing-masing Desa-Kelurahan. Untuk itu mari mengkampanyekan Zakat, Infaq dan Sedekah melalui Baznas agar semakin banyak warganya yang terbantu." Turup H. Abdul Kohar (E 14 Y)




Post a Comment

0 Comments