DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Mantan Kapolda Jabar Anton Charliyan: “Jangan Takut Ungkap Penyimpangan-Penyimpangan , Karena Fungsi Media Adalah Sosial Control”


Banda Aceh , LHI

Keluarga besar MITRAPOl beserta jajarannya, baru baru ini  menggelar acara dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke – 5. Kegiatan ini di laksanakan di Kota Serambi Makkah banda Aceh ( Senin/22/11/2021) yang dihadiri  beberapa pejabat mulai, Gubernur Aceh , Kadivhumas Polri, Kapolda, Kajati, DPRD Banda Aceh, para bupati , kapolres , para pengusaha, instansi  terkait, perguruan tinggi , Pimpinan umum dan pembina Mitrapol, Kaperwil dan Kabiro serta  keluarga besar wartawan MITRAPOL dari berbagai daerah di Indonesia.

            Seperti biasa acara ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Tarian sambutan  khas Aceh  yang sangat cantik dan menawan

Dalam sambutannya Abah Anton panggilan akrab Irjen Pol (Purn) Dr Drs H Anton Charliyan selaku Pimpinan Umum MITRAPOL yang juga mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini, mengatakan bahwa Banda Aceh merupakan kali pertama mengadakan HUT Mitrapol di luar Gedung Mabes Polri, yang dilaksanakan pasca pandemi covid 19. Walau dilaksanakan dengan sederhana, namun terlihat penuh dengan keakraban.

Anton Charliyan yang lebih dikenal sebagai Abah Anton, dibalik kharisma dan senyumnya yang selalu menghiasi bibirnya,  memberi beberapa masukan untuk kepada seluruh awak media dimanapun berada, khususya Media MITRPOl, agar mampu berperan menjadi nedia yang memprioritaskan sarana kontrol sosial sebagai garda  terdepannya , yang akurat , tajam, objektif dan terpercaya. “Bila perlu bisa lebih tajam dari  silet. Namun hal tsb bisa terwujud, berdasarkan fakta yang betul betul akurat,  tidak malah menjadi  Hoax , apalagi yang menjurus  kearah yg ber sipat fitnah, ujaran Kebencian  & adu domba , yang menyudutkan institusi & personilnya, sehingga  tetap bisa  membawa  kesejukan dan kedamaian. Karena dengan adanya kritik sebagai  control social, bukan berarti membenci institusi atau individu  personal tertentu seseorang ,tapi  justru untuk membangun dan memperbaiki Institusi tsb agar lebih maju dan  bertanggung jawab. Maka dari itu setiap awak media sebagai pejuang informasi, jangan takut untuk ungkap penyimpangan penyimpangan dimanapun juga , bahkan di beberapa daerah kasus kasus yang tersembunyi dan terkesan dipeti-es-kan bisa diungkap dan di proses lagi karena peran media. Insya Allah jika kita semua kompak , profesional, berani tegak lurus dan mau bekerja keras, MITRPOL dan seluruh awak media akan semakin sukses & berjaya “paparnya

Kadiv Humas Polri dan Kapolda yang diwakili Kabid Humas Polda Aceh dalam sambutanya berharap agar MITRAPOL tetap bisa bekerjasama sebagai mitra terbaik Polri di bidang media dan Informasi, dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

Sementara itu, Gubernur Banda Aceh yang diwakili Kakesbang menyampaikan sambutanya juga menguatkan  apa yang disampaikan oleh Anton Charliyan  :  bahwa peran media sebagai  social control saat ini sangat besar kiprahnya. di daerah Aceh ini . Justru melalui medialah, kasus yang asalnya  terpendam & tersembunyi akhirnya bisa terungkap & terkuak, serta langsung di proses fihak penegak hukum. Maka dari itu peran media sangat penting dalam mengawal pembangunan di daerah agar bisa mengerem penyimpangan penyimpangan yang sering terjadi selama ini.

            Sebelum mengakhiri acara , MITRAPOL menggelar acara puncak yakni memberikan apresiasi  kepada warga masyarakat Banda Aceh berupa Awards/ Penghargaan atas kinerja keberhasilan personil personil yang berprestasi dalam memajukan institusinya masing masing di provinsi Banda Aceh ini, baik dari Pemda, Polri, TNI, DPRD, Kejaksaan, pasca pandemi Covid 19 ini.

            Dalam bincang bincang diakhir acara kepada awak media, pendiri MITRAPOL Dadang mengatakan , harapannya kepada seluruh keluarga besar MITRAPOl agar tetap kompak dengan berita berita yang bisa dipertanggung jawabkan, tidak bersipat Hoax dan harus menarik, demi  kemajuan MITRAPOL ini. Juga ucapan terima kasih kepada semua fihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini dengan sukses..(REDI MULYADI)***

 

Post a Comment

0 Comments