DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Lewat Dialog Radio, Kapolda Ungkap Upaya Polda Jateng Membumikan Polri Presisi


Semarang,LHI

Momen hari Pahlawan dimanfaatkan Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K., dengan melanjutkan lawatan ke kantor media. Bersama sejumlah PJU Polda dan Kapolrestabes Semarang, Kapolda mengunjungi kantor SCTV-Indosiar dan Radio Elshinta di Bukit Sari, Semarang, Rabu (10/11) pagi.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Jateng diundang dalam radio talkshow yang disiarkan Elshinta secara nasional. Membahas tentang membumikan Polri Presisi, Kapolda didampingi Kabidhumas menegaskan wujud riil dalam membumikan Polri Presisi adalah peningkatan pelayanan publik dan mengurangi komplain masyarakat.

” Ini kita wujudkan dengan mengembangkan berbagai aplikasi seperti ETLE di fungsi lalu lintas dan Virtual Police di Fungsi Reserse,” ungkap Kapolda Jateng.Melalui virtual Police, petugas akan mengingatkan warga yang mengupload ujaran atau konten yang melanggar hukum di media sosial. Dengan peringatan ini, warga menjadi teredukasi dan terhindar dari pelanggaran hukum.Dalam penanganan pinjol ilegal, Polda Jateng juga mengembangkan inovasi pelaporan melalui website Ditreskrimsus. Masyarakat hanya perlu hadir jika petugas akan melakukan klarifikasi.“Kita juga melakukan upaya penengakan hukum dengan menangkap pelaku pinjol ilegal. Masyarakat tidak perlu ragu, bila merasa terganggu oleh teror pinjol ilegal, silahkan laporkan dan nanti akan ditangani,” kata Kapolda Jateng.Kapolda Jateng menambahkan, membumikan Polri Presisi juga berarti meningkatkan sinergi dengan TNI serta stake holder terkait. Sinergitas ini amat dirasakan ketika Jateng menghadapi lonjakan pandemi covid-19.“

Saat ini pandemi di Jateng sudah menurun jauh. Situasi saat ini cenderung landai. Ini berkat sinergitas yang dibangun antara TNI-Polri serta stakeholder terkait,” jelasnya.Kerja keras Polri-TNI serta stake holder terkait, membuat program penanganan covid di Jateng berjalan lancar. Di aglomerasi Solo Raya dan Semarang Raya, progres vaksinasi covid 19 melaju sangat signifikan.“Kita harapkan sesegera mungkin seratus persen warga sudah tervaksin,” tegasnya.Terkait dengan makna hari Pahlawan, Kapolda menegaskan pahlawan di era pandemi ini adalah para petugas lapangan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.“Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta petugas di unit-unit terdepan adalah pahlawan di masa pandemi.

Mereka tidak saja bersentuhan langsung dengan masyarakat tetapi juga tracking dan tracing penyebaran covid. Data dari mereka bermanfaat untuk menentukan langkah apa yang harus diambil dalam menangani pandemi,” tutur Kapolda Jateng.Maka dari itu, lanjutnya, kerja keras petugas terdepan itu harus dihargai masyarakat dengan kepatuhan terhadap prokes. Dengan masyarakat yang sudah tervaksin dan taat prokes, Kapolda yakin covid-19 akan betul-betul melandai di Jawa Tengah.“Vaksin hanya untuk peningkatan imunitas terhadap virus covid, bukan obat. Maka dari itu masyarakat harus tetap taat prokes dan menggunakan masker,” tutup Kapolda.(PURNOMO/HMS)***

 

 

Post a Comment

0 Comments