Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

Selatpanjang, LHI. Bersiap menghadapi bencana Bupati kepulauan Meranti H. Muhammad Adil.SH gelar apel pagi Kesiapsiagaan Bencana, senin (8/11) di lapangan Kantor Bupati.

Dalam sambutannya Bupati Kabupaten Kepulauan meranti menyampaikan   apresiasi setinggi tingginya atas diselenggarakannya apel kesiapsiagaan tanggap bencana

Beliau menghimbau kepada semua pihak untuk bersedia meluangkan waktu untuk menyelenggarakan pelatihan kesiapsiagaan bencana sesuai situasi, kondisi, dan potensi ancaman, melalui latihan-latihan secara berkala tersebut, masyarakat dapat lebih siap,siaga, dan memiliki pengetahuan yang memadai dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi serta masyarakat dapat mengidentifikasi titik evakuasi dan perlindungan yang dinilai paling aman sehingga pada akhirnya akan meminimalisir terjadinya korban.

Bupati menyampaikan bahwa Berdasarkan SK Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 903 Tahun 2016 tentang Kawasan Hutan Provinsi Riau, Luas kawasan hutan di Kabupaten Kepulauan Meranti adalah seluas 263.651,65 Hektar, atau sekitar 72.5 % dari total luas wilayah Meranti. Sedangkan dari total luas kawasan hutan tersebut, baru sekitar 50% yang sudah di kelola oleh pemegang ijin, sedangkan 50% sisanya belum ada pemegang ijin sehingga menjadi daerah rawan kebakaran hutan dan lahan.

Beliau juga menambahkan bahwa pantai di Kabupaten Kepulauan Meranti sepanjang 132 Km yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka, dimana diketahui bersama bahwa ombak dari selat malaka terkenal dengan gelombang tingginya sehingga daerah tersebut menjadi daerah rawan abrasi.

Untuk itu Bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat dan semua pihak terkait dalam hal kesiapsiagaan, bersama-sama berupaya semaksimal mungkin meningkatkan partisipasi dan peran aktif komunitas dan masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana terutama penanggulangan bencana karhutla dan abrasi.

Bupati berharap Apel Kesiapsiagaan pada hari ini dapat meningkatkan kesadaran seluruh elemen masyarakat terhadap musibah bencana yang juga menjadi ancaman baik bagi stabilitas pemerintah daerah maupun nasional.

Turut hadir dalam apel Wakil Bupati Kep. Meranti, Ketua DPRD Kep. Meranti, Kapolres Kep. Meranti, Kajari Kep. Meranti, Danlanal Dumai/ Danpos TNI AL, Dandim 0303 BKS, Danramil Tebing Tinggi, Pengadilan Negeri Bengkalis, Ketua Pengadilan Agama Kep. Meranti, Sekretaris Daerah Kep. Meranti, Para Staf Ahli Bupati Kep. Meranti, Para Asisten Setda Kep. Meranti, Kemenag Kep. Meranti, Seluruh Kepala OPD kep. Meranti, KSOP kep. Meranti, Kalapas Selatpanjang, Bea Cukai, Imigrasi, Silva, Koprasi Harmonis, PT. EMP, RSL NSP, dan peserta apel. (RAMLI ISHAK)

Post a Comment

0 Comments