2 Tahun Tak Ada Bantuan Air Bersih, Desa Cibeureum Banjar Bangun Sumber Air Bersih Sendiri

Banjar, LHI,- Dua Tahun berturut - turut tak kunjung mendapatkan bantuan air bersih, Kantor Desa Cibeureum yang tepat berhadapan dengan tikungan menuju  Wisata Situ Leutik yang juga merupakan kebangaan Warga Desa Cineureum dan masyarakat Banjar umumnya. Kini Desa Cibeureum membangun sumber air bersih milik Desa sendiri.


Jumat (19/11) dari pantauan LHI pembangunan tersebut telah rampung dan air bersih sudah dapat langsung digunakan mengairi untuk 250 Rumah  warganya. Menurut Kades Cibeureum kedalaman sumber air bersih tersebut sekitar 150 meter dan baru selesai November ini.


Yayan Sukirlan Kepala Desa Cibeureum pada kali kedua periodenya memimpin Desa Cibeureum bergerak cepat yang diperkuat atas usulan warganya. Desa Cibeureum yang berada didaratan atas sudah menjadi langganan kekurangan air ketika musim kemarau tiba.


"Dalam dua Tahun ini, kami tidak mendapatkan bantuan pasokan air bersih. Untuk itu atas usulan warga kita bangun pelayanan dasar rumah tangga pemasok sumber air bersih untuk menolong sekitar 250 Rumah Warga. Kami juga hampir setiap Tahun membuat sumur bor di tiap Dusun untuk pemerataan kebutuhan air bersih." Urai Yayan.


Atas dasar hasil musyawarah lingkungan, dalam pengelolaanya pihak Desa menyerahkan kepada Karang Taruna, menurutnya setiap pembangunan harus jelas pengeluaran dan pemasukanya dapat memberdayakan menjadi nilai tambah produktif warganya. Pembangunan sumber air bersih milik Desa yang berlokasi di Dusun Cijambu diambil dari dana Desa senilai Rp. 157.798.000 yang dikerjakan oleh CV. Permana Putra, adapun durasi waktu pelaksanaan mulai September hingga November 2021. 


Kades Cibeureum Yayan Sukirlan berharap agar semua warga dapat terlayani kebutuhan air bersihnya.  Bergitupun warganya dapat memanfaatkan air bersih tersebut dengan sebaik - baiknya. (E 14 Y)

Post a Comment

0 Comments