Pembangunan Turap di Kawasan Pesisir Tebing Pantai Di Kawasan Pemukiman Masyarakat Desa Mekong Untuk Mengantisipasi Kejatuhan Rumah Masyarakat Ke Pantai Laut

 


Meranti LHI

Puluhan tahun lamanya tebing pesisir pantai dipemukiman masyarakat di pelabuhan Desa Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, kabupaten termuda di Riau!

Rawan keruntuhan tebing pesisr pantai membuat rumah masyarakat sudah ada berjatuhan ke pantai laut tebing tersebut. keruntuhan tebing pantai pesisir adalah apabila bulan desember ombak dari Selat Malaka Malaysia melebur tebing pantai.  pelabuhan Desa Mekong dan Desa Alai dihantam ombak Selat Malaka karena Desa Mekong dan Desa Alai berhadapan dengan Selat Malaka Malaysia.

Dengan terpilihnya H. Muhammad Adil, SH menjadi Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, ada usulan masyarakat untuk mencari solusi bagaimana mengatasai supaya rumah-rumah masyarakat tidak berjatuhan kepantai tebing tersebut.

Dengan sangat rawannya keruntuhan tebing pantai, Bupati H. Muhammad Adil, SH melakukan gerak cepat untuk membangun turap sebagai dinding tebing pantai untuk menahan leburan ombak, supaya tanah tebing tersebut tidak berjatuhan ke pantai dan tidak membuat rumah masyarakat berjatuhan ke pantai.

Menurut keterangan ketua Lembaga Ikatan Pecinta Kedaulatan Rakyat kepada LHI, keruntuhan tebing pantai di pemukiman masyarakat boleh dikatakan dalam keadaan gawat darurat. Dalam menangani abrasi runtuhnya tebing tersebut pemerintah provinsi dan pemerintah pusat harus tanggap dengan abrasi pulau-pulau terluar di Kabupaten Kepulauan Meranti seperti Pulau Rangsang, Pulau Merbau. Pulau-pulau tersebut berhadapan langsung dengan Selat Malaka Malaysia sedangkan Pulau Merbau melindungi Pulau Padang Teluk Belitung penghasil minyak bumi apalagi Blok Rokan Riau penghasil gas terbesar di Indonesia. (RAMLI ISHAK)

Post a Comment

0 Comments