Dinas PU Banjar Tingkatkan Lebarkan Jalan Karang Tengah Agar Mobilisasi Warga Meningkat Dan Nyaman


Banjar, LHI,- Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Banjar – Provinsi Jawa Barat melaksanakan kegiatan pekerjaan Tahun 2021, salah satunya Peningkatan Jalan pelebaran Jalan menuju standar Jalan Karang Tengah Kecamatan Banjar Kota Banjar. Pekerjaan dimulai tertanggal kontrak 30 Juni 2021 dengan masa waktu pelaksanaan selama 120 Hari kalender.


Kepala Dinas PUPRPKP Kota Banjar H. Tommy Subagja melalui Sekdisnya Acep Daryanto menerangkan, bahwa sebagaimana umum tahu perihal pekerjaan pekerjaan fisik di Kota dan Kabupaten di masa pandemi Covid-19 masih lebih mempriopritaskan pekerjaan yang berhubungan erat ke dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Begitupun Dinas PUPRPKP Kota Banjar pada Tahun 2021 banyak mengerakan terusan – terusan baik dari program Bantuan Provinisi juga pusat. Menurut Acep dana APBD Kota Banjar di recofusing yang mana dana tersebut di alihkan untuk penanganan percepatan Covid salah satu prioritas Pemerintah Pusat adalah untuk pembiayaan Vaksinasi besar – besaran yang menargetkan 70% Bangsa Indonesia harus selesai di Vaksin.

“Semoga secepatnya kehidupan kembali normal, Ya mudah - mudahan di Tahun 2022 sudah membaik. Kami tetap melanjutkan perencanaan Program Pekerjaan pembangunan di Kota Banjar. Namun dengan situasi seperti ini ada yang dapat di kerjakan,langsung dan  ada yang harus menunggu (ditunda)”. Kata Acep.  

Sekdis PUPRPKP Kota Banjar Acep Daryanto menegaskan salah satunya pekerjaan peningkatan pelebaran Jalan menuju standar Jalan Karang Tengah yang berada di wilayah Kecamatan Banjar merupakan daftar pekerjaan yang masuk ke dalam pemulihan ekonomi daerah berimbas kepada PEN. Dengan adanya peningkatan dan pelebaran jalan Karang Tengah secara otomatis meningkatkan banyak orang mengakses ke jalan tersebut untuk kegiatan kewirausahaanya.  “Jalan aspal bagus, jalan menjadi lebar kan otomatis dapat mempercepat jarak tempuh”. Ujar Acep.

Kepala Bidang Bina Marga H. Agus Saripudin yang membidangi pembangunan Jalan menerangkan kepada LHI,  kegiatan peningkatan Jalan pelebaran Jalan menuju standar Jalan Karang Tengah (Banprov) bertujuan untuk meningkatkan mobilisasi warga dan meningkatkan kenyamanan pengguna Jalan. Adapun selebihnya itu adalah kembali kepada aktifitas warga yang melalui jaluir tersebut, akan tetapi secara umum dengan danya peningkatan dan pelebaran Jalan Karang Tengah secara otomastis besaran lebar kendaraanpun otomatis berpengaruh. Dari yang tidak biasanya bias melalui Jalan tersebut, kini sudah dapat masuk melalui Jalan Karang Tengah. Sehingga banyak manfaat yang dapat langsung di rasakan oleh seluruh lapisan masyarakat baik secara perekonomian maupun efektivitas waktu tempuh.



Peningkatan dan pelebaran Jalan Karang Tengah bersumber dari APBD Kota Banjar Tahun Anggaran 2021 yang menelan biaya sebesar Rp. 3.392.793.000.-. Adapun volume pekerjaan sepanjang 1245 M dengan lebar jalan 4m – 4,5 m, PT Trijaya Permana Sejati sebagai penyedia jasa melaksanakan pekerjaan tersebut selesai sesuai masa waktu pelaksanaan 120 Hari kalender. 

Kabid Bina Marga Agus Saripudin berharap dengan telah rampungnya pekerjaan peningkatan dan pelebaran Jalan menuju standar Jalan Karang Tengah, semoga masyarakat dapat merasakan manfaat baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Agus berharap peningkatan ke sektor ekonomi juga dapat secepatnya terasakan oleh masyarakat Banjar khususnya warga Jalan Karang Tengah Kecamatan Banjar Kota Banjar.  (E 14 Y)

Post a Comment

0 Comments