Gandeng Elemen Masyarakat Spotdirgaau Laksanakan Sosialisasi Rekruitmen Komponen Cadangan Matra Udara

 


Surakarta. LHI

Dengan menggandeng beberapa elemen masyarakat dan sesuai dengan program Spotdirgaau dilaksanakan sosialisasi Rekrutmen Komponen Cadangan Matra Udara Tahun 2022 bertempat di Balai Prawiratama Setukpa Lanud Adi Soemarmo.Kamis (9/9).

Sosialisasi yang diikuti oleh perwakilan dari Angkasa Pura, Air Nav, SMK Penerbangan, Institut Teknologi Dirgantara Adi Sutjipto Yogyakarta, STTK Yogyakarta, Poltekes Yogyakarta, Komunitas Drone Solo, Komunitas Paralayang, Terbang Layang, Terjun Payung, Gantole dan Aeromodelling, bertujuan agar para peserta sosialisasi dapat memperoleh pengetahuan yang benar tentang rekrutmen komponen cadangan matra udara.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Adi Soemarmo Marsekal Pertama TNI Agus Setiawan, S.T., menyampaikan bahwa “mengingat fungsi dari Komcad dan Komduk adalah untuk mendukung dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama, maka tugas dan kemampuan utama yang terkait kekuatan udara, menjadikan TNI AU sebagai unsur pelaksana utama pembinaan komcad dan komduk kekuatan dirgantara, demikian lanjut Danlanud.

Sementara itu, Aspotdirga Kasau Marsda TNI Kusworo, S.E., M.M., dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan wujud kepedulian TNI AU kepada masyarakat insan matra udara nantinya dapat terlibat sebagai komponen cadangan matra udara dan berharap semoga kegiatan ini akan terus berlanjut dan dapat dilaksanakan di waktu mendatang, karena tentunya TNI AU dapat bekerjasama dengan mahasiswa, generasi muda dan masyarakat secara umum yang akan menjadi komponen cadangan matra udara.

Pada sosialisasi tersebut Paban II/Puanpotdirga, Kolonel Pnb R. Agung Sasongkojati, M.A., Sc., M.S.S.,selaku pemberi materi memaparkan tentang regulasi drone dan Binpotdirga CSAR 107 dan Permenhub 37/2020 serta Airspace Classification. Sedangkan Paban VI/Taswilud Spotdirga Kolonel Pas Rolland Dulista G.W., menjelaskan tentang pengertian umum komponen cadangan, pembentukan komponen cadangan yang terbagi atas tiga kelompok. Pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran dan penetapan Komcad serta menjelaskan tahapan komcad yang dilalui, mulai dari sosialisasi, pengumuman dan pelamaran.

Acara sosialisasi ini juga dihadiri Waaspotdirga Kasau Marsma TNI Tyas Nur Adi beserta rombongan Spotdirga dan pejabat Lanud Adi Soemarmo. Diakhir acara diadakan sesi tanya jawab  yang mendapat antusias dari peserta sosialisasi. Usai Sosialisasi, Aspotdirga Kasau beserta rombongan meninjau fasilitas mess yang ada di Setukpa dan Skadik 405 Lanud Adi Soemarmo.(AGUS KEMPLU)

Post a Comment

0 Comments