DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Percepat Vaksinasi Lansia, Polres Kepulauan Meranti Lakukan Antar Jemput Langsung ke Rumah

 


Selatpanjang -  LHI

Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Meranti bersama jajaran TNI membantu petugas untuk melakukan vaksinasi kepada warga Lanjut Usia (Lansia) dengan melakukan penjemputan langsung ke rumah menggunakan mobil dan membawanya ke Puskesmas terdekat.

Sistem door to door atau jemput bola ini dilakukan untuk mempercepat vaksinasi di Kabupaten Kepulauan Meranti, karena menurut keterangan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kepulauan Meranti, masih banyak warga  khususnya yang berusia lanjut enggan untuk di lvaksinasi dengan berbagai alasan. 

Kebijakan itu pun sejalan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti yang menjemput bola dengan melakukan vaksinasi terhadap ribuan warganya di setiap kecamatan. Hal ini pun merupakan bentuk komitmen bersama dalam membebaskan masyarakat dari virus Covid-19.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito yang memimpin percepatan vaksinasi di Kecamatan Tebingtinggi dan Tebingtinggi Barat

mengerahkan seluruh jajaran Babinkamtibmas untuk mengantar dan menjemput Lansia di rumah masing-masing. Langkah ini pun terbukti efektif.

"Dari hasil evaluasi pelaksanaan vaksinasi, masih sangat sedikit jumlah Lansia yang diberikan vaksin. Kebanyakan mereka para Lansia hanya menunggu untuk dijemput. Belum ada saya lihat petugas yang mengetuk pintu rumah warga Lansia untuk dibawa ke Puskesmas. Agar bisa tercapai angka vaksinasi yang tinggi bagi Lansia, maka pastikan prioritas yang vaksin itu Lansia, hari ini jangan jadi rombongan sirkus yang tidak memberikan solusi," kata Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIk, Sabtu (29/5/2021).

Dikatakan Kapolres, langkah yang dilakukannya pun disambut baik masyarakat. Bahkan mereka kegirangan karena tidak perlu bersusah payah ke lokasi vaksin dan tidak menunggu antrian.

"Ini bentuk kontribusi kita untuk mempercepat vaksinasi, door to door kepada warga. Ini akan terus kita mobilisasi, dan kita sudah siapkan personel serta sarana dan prasarananya," ucapnya.

Jika melihat capaian imunisasi vaksin tersebut, Kapolres meyakinkan, dalam waktu dekat ini tim medis akan mampu menyelesaikan target yang sudah ditetapkan pemerintah provinsi dan pusat.

"Tentunya ini semua tidak terlepas dari atensi, dedikasi dan pengabdian jajaran di lapangan. Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat akan memberikan bakti yang tulus bagi orang tua. Mereka tidak lain yakni Lansia yang menjadi sasaran imunisasi vaksin untuk pencegahan penularan Covid-19. Kami akan terus menjemput dan mengantar para orang tua kita semua. Dari rumah masing-masing menuju sarana vaksinasi atau puskesmas terdekat,” jelasnya. (RAMLI ISHAK/Humas Polres Kepulauan Meranti)

 

Post a Comment

0 Comments