DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Pemkab Bersama Dinas BPBD Tuba Laksanakan Kegiatan Simulasi Penanganan Bencana Di Tugu Ikan Jelabat Menggala

TULANG BAWANG, LHI.

Simulasi Penanganan Bencana Banjir di Tengah Pandemi Covid 19 Bekerjasama dengan Masyarakat kampung Sadar Bencana Dan kampung siaga Bencana Rabu, 26 Mei 2021 Tugu Jelabat Menggala.pada kegiatan stimulasi ini di terlihat hadir Forompimda, anggota dewan, ketua MUI, ketua Pramuka, PMI, RAPI, Kepala Dinas Kesehatan, Kasat POL PP, beserta Kepala BPBD Kabupaten Tulang Bawang.

Dalam sambutannya Bupati Tulang bawang yang diwakili Oleh Staf Ahli bidang Pembangunan, ekonomi dan Keuangan Firmansyah S.Sos., M.M. menjelaskan Simulasi Bencana ini dilaksanakan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, dan Surat Menteri Dalam Negeri tentang Hari Kesiapsiagaan Bencana yang dilaksanakan setiap tanggal 26 April, bertujuan Simulasi Penanganan Bencana diantaranya untuk memberikan pengetahuan meningkatkan kewaspadaan tentang bahaya bencana alam maupun non alam, serta mengecek kesiapan prosedur dan peralatan penanganan bencana alam, dan mengurangi jumlah korban bila bencana alam yang sebenarnya terjadi.

Kita ketahui di Kabupaten Tulang Bawang bencana alam yang perlu diantisipasi diantaranya bencana banjir yang rawan terjadi di 7 Kecamatan yaitu Menggala, Menggala Timur, Gedung Meneng, Dente Teladas, Rawa Pitu, Gedung Aji dan Penawar Aji, yang sering terjadi pada musim hujan akibat luapan Sungai Tulang Bawang. Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang telah dan akan terus berupaya bergerak cepat dalam melakukan antisipasi dan penanganan bencana, serta memberikan perhatian besar dalam membantu masyarakat yang terdampak bencana. Termasuk diantaranya melalui Realisasi 25 Program Bergerak melayani Warga (BMW).

Saya mengajak semua masyarakat peduli dan berpartisipasi untuk selalu siap siaga dalam mengantisipasi dan menangani bencana, baik bencana alam seperti banjir, puting beliung dan lain-lain, maupun bencana non alam seperti pandemi Covid-19. (Afrizal candra)

Post a Comment

0 Comments