Guna Meningkatkan Kualitas Petani di Pangandaran, Kelompok P3A Mitra Cai Wargi Banyu Citonjong Bangun TPT Saluran Air

 


Pangandaran LHI

Selain mengandalkan pola tanam padi yang baik, saluran air irigasi tercier pun menjadi sarana  penujang yang paling utama dalam meningkatkan kualitas pertanian, maka dengan itu Kelompok P3A Mitracai Tani Wargi Banyu Citonjong  Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran, secara sewa kelola membangun Tembok Penyangga Tanah (TPT) saluran irigasi tercier  sepanjang 250 meter, menuju hamparan pesawahan.

Dengan adanya irigasi tercier nantinya akan mampu mengairi sawah seluas kurang lebih 100 Ha. Pembangunan TPT tersebut, disambuat antusias para petani dan masyatakat setempat.

Ketua Kelompok P3A Mitra Cai Tani Wargi Banyu Citonjong Nanang menjelaskan, pembangunan TPT tersebut, memakqn anggaran sebesar Rp. 195 Juta. Dana tersebut bersumber dari dana program APBN melalui Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy (BBWS). Sabtu(17/4/2021).

Nanang mengtakan, dibangunnya TPT saluran irigasi tercier, tiada lain untuk meningkatkan kualitas pertanian, khususnya yang lahan sawahnya berlokasi di blok Citonjong dan sekitarnya, karena sebelumnya lahan sawah di blok Citonjong selalu kesulitan air. “ Maka dengan adanya saluran irigasi tercier dan  dibangunnya TPT, diharapkan kualitas pertanian akan meningkat,” Pungkasnya.(AS)*

 

Post a Comment

0 Comments