Sebanyak 31 Orang Pasien ODGJ Berat Asal Pangandaran Diberangkatkan Ke RS Dr. H Marzouki Mahdi Bogor Guna Mendapatkan Perawatan dan Rehabilitasi

 


Pangandaran LHI

Sebanyak 31 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berat siap di berangkatkan ke Rumah Sakit Dr. H Marzouki Mahdi Bogor, guna mendapatkan perawatan medis, sebelum di berangkatkan para penderita ODGJ diperiksa terlebih dahulu secara masal yang bertempat di Gedung Islamic Center Kecamatan CiJulang Kabupaten Pangandaran, Kamis (25/3/2021).

Kegiatan ini bertujuan untuk proses penyembuhan terhadap warga penderita ODGJ di kabupaten Pangandaran, sehingga diharapkan bisa pulih dan hidup mandiri di tengah masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut di prakarsai oleh jajaran petugas kesehatan dari masing masing Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Pangandaran, SatPol PP dan Dinas Sosial.

Patauan LHI di.lokasi, ada 31 orang warga kabupaten Pangandaran yang terserang penyakit gangguan jiwa (ODGJ) dan mereka mendatangi giat pengobatan gratis tersebut diantar oleh tim medis dan keluarganya, Kamis (25/3/2021).

Iyep Yudiana Selaku koordinator RS Dr. H Marzouki Mahdi Bogor kepada awak media LHI mengatakan, kegiatan ini adalah merupakan pelayanan kesehatan jiwa masyarakat, pemeriksaan masal kepada masyarakat ODGJ berat sekabupaten Pangandaran.

"Kegiatan ini adalah kerjasama antara pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Satpol PP kabupaten Pangandaran dengan Rumah Sakit Dr. H Marzouki Mahdi Bogor yang merupakan Rumah Sakit pertikal dibawah kementerian kesehatan.


Masih kata Iyep, kegiatan ini dimulai dari banyaknya laporan warga dan pihak puskesmas mengenai banyaknya orang dengan gangguan jiwa yang akhirnya mulai dari Puskesmas ke dinas kesehatan dengan data yang dikumpulkan bahwa di pangandaran terdapat 31 orang pasien ODGJ berat yang perlu dilakukan rujukan ke RS jiwa.

"Pada akhirnya berdasarkan data tersebut Rumah Sakit Dr. H Marzouki Mahdi Bogor melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan kabupaten Pangandaran bersepakat melakukan kegiatan pemeriksaan masal dan evakuasi terhadap pasien ODGJ pada hari ini.

Iyep juga menyampaikan, sebetulnya ini ada tiga rangkaian acara, yang pertama  adalah kegiatan seremoni dan pemaparan yang akan di sampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan, yang kedua pemeriksaan terhadap 31 orang pasien ODGJ yang terdata, nanti hasilnya apabila terindikasi pasien rawat kita lakukan evakuasi di bawa ke Rumah Sakit Dr. H Marzouki Mahdi Bogor untuk di rawat dan rehabilitasi, tim dari Rumah Sakit Dr. H Marzouki Mahdi Bogor menurunkan Dr Jiwa, Dr IGD, Perawat jiwa, promotor kesehatan jiwa, pekerja sosial, tenaga administrasi dan driver, selain itu kita juga membawa 3 unit kendaraan untuk epakuasi pasien.

Yang terakhir merupakan kegiatan yang ke tiga adalah evakuasi, evakuasi itu membawa pasien."Semoga saja ke 31 pasien ini bisa diberangkatkan ke Rumah Sakit Dr. H Marzouki Mahdi Bogor untuk mendapatkan perawatan dan rehabilitasi.

Tentu kita berharap segala upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Dinas Kesehatan dengan Rumah Sakit Dr. H Marzouki Mahdi Bogor dapat berjalan lancar, semua pasien ODGJ yang ditangani dapat sembuh seperti sedia kala, pungkasnya (AS)*

Post a Comment

0 Comments