Bupati Pangandaran Hadiri Acara Uji Coba Sandar Kapal Di Pelabuhan Bojongsalawe Pangandaran

 

Pangandaran LHI

Pelabuhan Bojongsalawe yang terletak di pesisir Bojongsalawe, Desa karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, merupakan salah satu program prioritas Bupati Pangandaran akan segera beroperasi. Hal ini disampaikan Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata saat Uji Coba Sandar Kapal Pra japati di pelabuhan Bojongsalawe, Pangandaran, Kamis (11/3/2021).

Uji Coba Sandar perdana ini dihadiri oleh Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata, Sekdis Perhubungan  Provinsi Jabar Idat Rosana, Danramil 1321/Parigi kapten inf Erwin, Kasat Polair Polres Ciamis AKP Sugianto, Wadan Pos TNI AL Peltu SAA Dayat Sudrajat, Danposmat Peltu BAH Samad,  Kepala Syahbandar Pangandaran Firman Saftari, Kapolsek Parigi AKP Iwan Sukarelawan, Perwakilan Bea Cukai Pangandaran Simorangkir, Kabag Umum Setda Pangandaran Umar Sumarjo, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Agus Supriatna dan Jajaran Ditjen Kelautan.

Tonton juga: https://www.youtube.com/watch?v=lsCPHpFL6xI

Uji Coba Sandar Kapal dengan menggunakan kapal Pra japati berjalan dengan lancar dan sukses dengan mencoba di pelabuhan Bojongsalawe, Pangandaran.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata yang resmi membuka pelabuhan Pangandaran, mengatakan, pihaknya akan membantu memfasilitasi kebutuhan demi kemajuan pelabuhan Pangandaran

Bupati juga optimis izin operasional pelabuhan akan segera dikeluarkan dalam waktu dekat.

“Alhamdulillah proses uji coba sandar kapal berjalan lancar, ada beberapa masukan saran dari pihak kepala unit pelabuhan yang akan kita tindaklanjuti segera.

Mudah-mudahan dalam waktu dekat izin operasional keluar dan segera diresmikan sesuai target kami bersama.

Seperti kita lihat, perairan pantai bojongsalawe ini gelombangnya lumayan besar, sehingga kita harus membangun Brike Water

Masih kata dia "Tentu, pelabuhan akan menjadi faktor pendukung bagi pariwisata Pangandaran. Sekarang, karena izin operasionalnya sedang dikaji dan diharapkan secepatnya akan keluar," ucapnya.

Jeje berharap, nantinya kapal-kapal pesiar yang dari Jakarta bisa di tarik ke pelabuhan Pangandaran sebagai pelabuhan baru dan juga bisa menarik para wisatawan.

Selain itu, tambah Jeje, lanjutan jalan lintas pantai akan segera di kerjakan agar jalur wisata semakin banyak dan semakin ramai sejalan dengan selesainya pandemi covid 19.

"Semoga tahun 2024 jalan tol Bandung - Cilacap jadi, dan exit tol keluar di Pangandaran, jadi dari bandung hanya 2,5 jam atau 3 jam sehingga nantinya pangandaran akan semakin ramai dan saya meyakini betul kedepannya pangandaran akan semakin baik," ucapnya.

“Dengan beroperasinya pelabuhan kerjasama ekonomi yang telah kita rintis dengan provinsi tetangga akan segera terwujud serta muaranya adalah peningkatan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Sementara Sekertaris Dinas Perhubungan provinsi Jawa barat melalui sambutnya mengucapkan ucapan terima kasih kepada Bupati Pangandaran H Jeje Wiradina atas kerjasamanya dari mulai perencanaan hingga terwujudnya pelabuhan ini.

Dari mulai perencanaan hingga terbentuknya pelabuhan saya pribadi mengawal ini, kebetulan waktu itu saya jadi Kepala Bidang transportasi laut.

Untuk kaitan dengan perencanaan yang tadi di sampaikan, kaitan dengan pembanguna Brake water dan lahan daerah kerja, insyaaloh kita akan masukan ke anggaran kerja tahun 2022 melalui anggaran provinsi.

"Kita juga sudah melakukan rapat dengan instansi perindustrian dan perdagangan, baik itu di provinsi maupun di kabupaten terkait untuk mendukung pelabuhan Bojongsalawe ini, pungkasnya (AS)*

 

Post a Comment

0 Comments