DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Bupati H.M Adil Touring Bersama OPD di 4 Kecamatan, Pantau Langsung Kondisi Infrastruktur Wujudkan Program Ketuk Pintu Layani Dengan Hati

 


Meranti LHI

Sabtu pagi (20/3/2021), Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH, bersama rombongan OPD dilingkungan Pemkab. Meranti, melakukan Turing di 4 Kecamatan, kegiatan itu untuk mewujudkan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati H.M Adil-H. Asmar yakni "Ketuk Pintu Melayani Dengan Hati", diharapkan melalui program ini dapat memberikan solusi atas semua permasalahan yang dihadapi masyarakat Kepulauan Meranti. 

Seperti diketahui, Program Ketuk Pintu Melayani Dengan Hati, merupakan salah satu program prioritas Pemkab. Meranti dalam rangka meningkatkan dan memperbaiki pelayanan masyarakat sebagai upaya mencapai Good Governance dengan mendekatkan pelayanan kepada setiap masyarakat.

Dalam kegiatan kali ini selain melakukan peninjauan kebeberapa objek pembangunan infrastruktur juga berkesempatan berdialog dengan masyarakat tempatan untuk mendengarkan masalah dan menyerap aspirasi sebagai pertimbangan untuk pelaksanaan kegiatan kedepan.

Dari pantauan media dengan menggunakan sepeda motor, Bupati H.M Adil dan rombongan bertolak dari Selatpanjang menuju Pelabuhan Peranggas, Kecamatan Rangsang Barat. Dilokasi ini Bupati meninjau Masjid tua Jami'arruhama yang berada di Dusun Ayun, Desa Bantar, Kecamatan Rangsang Barat. Setelah mengamati kondisi bangunan masjid Bupati meminta dilakukan pembenahan khususnya pada jalan akses menuju masjid dan semenisasi halaman masjid agar terlihat lebih asri.

Kemudian saat berada di Desa Permai Bupati Adil juga berkesempatan mengunjungi kebun Cabai milik salah seorang warga seluas 1.5 Ha, berdasarkan usulan pemilk kebun Khairuddin, Bupati bersedia membantu bibit Cabai untuk peremajaan kebun. 

Selanjutnya Bupati dan rombongan juga meninjau Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Desa Bantar, dilokasi ini Bupati meminta kepada Dinas terkait untuk membenahi SPAM agar aset Pemda ini lebih memberikan manfaat kepada warga terutama dalam hal penyediaan air bersih.

Melanjutkan perjalanannya rombongan Bupati juga singgah di SD Tanah Merah, untuk sekolah ini sesuai usulan pihak sekolah dengan pertimbangan banyaknya jumlah murid, Bupati melalui Dinas terkait akan melakukan penambahan ruang kelas baru dan ruang Tata Usaha agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan nyaman. 

Ditempat yang sama Bupati Adil juga berkesempatan menghadiri pelantikan PGRI Kecamatan Rangsang Pesisir, dihadapan para guru Bupati Adil berjanji akan meningkatkan kesejahteraan para guru Komite, dengan mengangkat menjadi honor daerah dengan gaji 2 Juta rupiah.

Sementara untuk siswa SD, Bupati berjanji akan memberikan sepeda gratis sebagai penunjang mobilitas belajar dan memberikan bantuan baju gratis kepada siswa baru pada tahun ajaran baru mendatang.

Selanjutnya Bupati juga meninjau Tempat Penampungan Ikan (TPI) di Desa Melay, untuk memaksimalkan budidaya ikan Kakap di Desa ini, Bupati merencanakan pembangunan Tanggul dan pembangunan jembatan penghubung ke menuju TPI.

Sementara untuk Kecamatan Rangsang Bupati dan rombongan melihat kondisi jalan di Tj. Samak dan sekitarnya, disitu Bupati melihat masih banyak jalan yang rusak penghubung antara Desa ke Kecamatan. Untuk itu Bupati mengintruksikan kepada Dinas PU Meranti untuk membenahi yang rencananya akan dimulai pada APBD-P 2021 mendatang.

Lokasi terakhir di Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Bupati mengatakan akan membangun Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Kecamatan yang selama ini belum ada yang berada dilingkungan Kantor Camat, untuk gedung LAM ini bukan hanya akan dibangun di Kecamatan Tebing Tinggi Timur saja tapi juga akan dibangun di Kecamatan lainnya yang belum memiliki gedung LAM.

Masih di Tebing Tinggi Timur, Bupati juga berkesempatan mengunjungi Pesantren yang dikelola oleh Kiyai Saifullah. Rencananya Bupati H.M Adil akan membangun masjid pesantren dan tambahan ruang kelas untuk belajar para santri di Pesantren ini. 

Nantinya dengan penerapan Program Ketuk Pintu Melayani Dengan Hati ini, Bupati  H.M Adil, berharap, terwujud beberapa tujuan yang ingin dicapai yakni, 1. Peningkatan pelayanan publik dibidang kependudukan dan catatan sipil, 2. Peningkatan pelayanan publik dibidang kesehatan masyarakat, 3. Peningkatan layanan rujukan ke Kabupaten, 4. Meningkatnya angka partisipasi sekolah dan harapan lama sekolah, 5. Meningkatnya pendapatan masyarakat disektor UMKM, 6. Menurunya tingkat pengangguran terbuka, 7. Peningkatan pelayanan publik pada masyarakat penerima manfaat dan penyandang PMKS. (Humas Pemkab. Meranti/RAMLI ISHAK)

Post a Comment

0 Comments