Sarman Ketua Kelompok Petani Karet Cisitumukti Membuat Terobosan Bangun Pabrik Pengolahan Untuk Meningkatkan Perekonomian


Pangandaran LHI

Dalam upaya meningkatkan perekonomian para petani karet, Kelompok petani karet' Cisitumukti yang berada di wilayah Dusun Jadiharja, Desa Jadikarya Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran melakukan terobosan baru dengan membangun pabrik pengolahan karet.

Aceng salah satu pengurus kelompok petani karet Cisitumukti menyampaikan, Alhamdulillah setelahnya ada pabrik pengolahan karet mentah di wilayah Kecamatan Langkaplancar dapat membantu mempercepat perekonomian para petani karet.

Aceng menambahkan sebelumnya ada pabrik para petani harus menjual hasil penyadapan karet ke wilayah Jawa Tengah, namun kini para petani tidak usah repot-repot lagi, karena karet dari para petani bisa diolah di sini,

"Kita saat ini baru mampu menampung 2 ton bahan mentah dari para petani, mengingat alat produksi kita baru satu dan lahan untuk penampungannya pun belum memadai, jelas Aceng.

Mengingat Keberadaan pabrik pengolahan karet ini sangat di butuhkan para petani karet di kecamatan Langkaplancar saya berharap kedepannya dapat berkembang lebih besar lagi.

Karena kapasitas hasil sadap karet dari para petani bisa mencapai 7 hingga 10 ton per bulan, sementara sekarang pabrik ini baru mampu menampung 2 ton saja.

Untuk itu kita butuh dukungan dan bantuan dari pemerintah melalui Dinas terkait supaya pabrik pengolahan karet yang di kelola kelompok petani karet Cisitumukti ini dapat menampung semua hasil dari para petani karet yang ada di kecamatan Langkaplancar, pungkasnya.

Sementara itu, Ketua kelompok petani karet Cisitumukti Sarman mengatakan, rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pengurus dan anggota kelompok petani karet Cisitumukti yang sudah membantu dan mendukung berdirinya pabrik pengolahan karet ini untuk kemajuan dan peningkatan perekonomian para petani karet di kecamatan Langkaplancar.

“Dan untuk mewujudkan cita-cita mereka untuk membangun Kabupaten Pangandaran , kecamatan Langkaplancar pada khususnya, kami atas nama gabungan kelompok petani karet Cisitumukti yang berada di kecamatan Langkaplancar siap mendukung program pemerintah untuk memajukan pangandaran dalam mengembangkan perekonomian para petani karet khususnya, pungkas Sarman. (AS)*

 

 

Post a Comment

0 Comments