AWPI Kota Semarang Mengadakan Workshop " Tumbuhkan Potensi Jurnalis yang Handal Serta Profesional

Semarang, LHI.

Dengan banyak media yang ada di Semarang perlu adanya suatu organisasi wartawan maka dengan ini APWI Kota Semarang Mengadakan Workshop Jurnalis di gedung Balikota Semarang pada hari Sabtu, 20/02/2021 jam 09.00 wib, sampai dengan selesai, didalam acara workshop jurnalis itu adapun materi tersebut yang akan dibahas adalah cara menulis berita berdasarkan 5W dan 1 H, cara mewawancara maupun pengertian tentang kode etik jurnalistik serta UU No 40 Tahun 1999 payung hukum tentang Pers.

Acara workshop jurnalis dibuka langsung oleh kepala dinas Kominfo Semarang Dr. Bambang Pramusinto, S.H. S.IP. Mas.SI mewakili walikota Semarang yang tidak bisa hadir dalam acara tersebut, bahwa Dr. Bambang kepala dinas Kominfo semarang berpesan kepada para peserta workshop jurnalis agar benar benar menjadikan workshop Jurnalis ini untuk proses edukasi sebagai wartawan yang handal serta profesional didalam mencari liputan atau berita." Tandasnya.

Didalam Acara Workshop Jurnalis tersebut turut hadir adalah sebagai berikut : Ir.Nardiyanto, M.Mfg sebagai ketua umum DPP AWPI dan mengisi acara atau sambutan singkat dan jelas, adapun Agus Yusuf Ahmadi sebagai Direktur Media Group AWPI Serta Ketua DPD AWPI Jawa tengah dan semua jajaran pengurus DPC kota Semarang, maka Ir.Nardiyanto, M.Mfg menegaskan bahwa Pers adalah pilar negara yang ke-empat dan perlu di ketahui bahwa pilar pertama adalah lembaga  1.legislatif  2. eksekutif, 3. Yudikatif dan 4. Pers "Jelas Ketum DPP AWPI ".

Adapun peserta warkshop jurnalis di balai kota Semarang diikuti oleh 50 (lima puluh) Peserta, jadi peserta Seminar Jurnalis ada yang datang dari luar daerah seperti Kendal, Ungaran dan lain lainnya, untuk acara workshop Jurnalis tersebut sebagai pemateri Syamsul, S.Sos. M.Si menjelaskan bahwa Insan Pers itu salah satu sikap pengabdian terhadap bangsa dan negara, bahwa Insan Pers profesi yang mulia sebagai sosial kontrol, dan Insan Pers akan membuat tulisan berdasarkan sumber data dan fakta kejadian yang benar benar terjadi baru saja untuk di publikasikan bagi para pembaca " Jelas Syamsul sebagai Pemateri Workshop Jurnalis ".

Dan sempat kami wawancarai salah satu dari perserta dari Kendal yang bernama Nova Permata Sari Serta Saifudin dari Ungaran dan mereka mengatakan dengan adanya Workshop Jurnalis bisa menambah wawasan dan ilmu dalam menulis dan mewawancarai dalam pelaksanaan untuk mencari berita dilapangan dan juga sebagai sosial kontrol yang di lindungi UU No 40 Tahun 1999, dan sebagai Insan Pers untuk dipublikasikan kepada para pembaca kejadian yang baru saja terjadi". Ujar Nova Permatasari sebagai perserta Workshop Jurnalis asal Kaliwungu ". (Heru Sisyanto)

Post a Comment

0 Comments