Revitalisasi Pasar Pananjung, Pemkab Pangandaran Akan Melakukan Relokasi Sementara Pedagang Tahun 2021


Pangandaran LHI

Dalam rangkaian revitalisasi Pasar Pananjung, di Kecamatan Pangandaran, Pemerintah akan melakukan relokasi sementara pedagang tahun 2021 ini.

“Untuk pelaksanaan relokasi ini, kita sudah menganggarkan 3,6 miliar. Untuk tempat relokasi ini, sudah ada. Tinggal teknis pembagian kelompoknya antara dinas terkait dengan para pedagang,” kata Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, usai melakukan pertemuan dengan para pedagang Pasar Pananjung, Senin (18/1/2021).

Dirinya menyampaikan, untuk tempat relokasi sementara lokasinya tak jauh dari lokasi semula.

Selanjutnya lanjut Jeje, untuk 250 kios yang pedagang yang sebelumnya kebagian di lantai dua, akhinya akan ditempatkan dilantai satu seperti yang lainnya.

Hal ini berdasarkan pengalaman, biasanya pedagang yang kebagian lantai atas akan menimbulkan persoalan.

Akhirnya kita berikan solusi. Mereka yang tadinya kebagian di lantai atas akan ditempatkan di lokasi terminal Pangandaran seluas 7000 meter. Jadi akan dibangun satu lantai,” terang Jeje.Sedangkan terminal itu, lanjut Dia, hanya akan digunakan sebagai lintasan dan tempat naik dan turun penumpang.

            Kamis depan saya akan ke Dishub Jawa Barat di Bandung, untuk melaksanakan rencana ini. Sehingga nantinya semua akan kebagian dibawah, dibangun di tahun 2022. Untuk pelaksanaan revitalisasi ini akan menelan anggaran Rp65 miliar,” ungkap Jeje.

Lebih jauh Dirinya menjelaskan, bangunan kios di tempat yang baru, akan selesai sekitar 6 bulan. Diharapkan pasarnya akan bagus, bersih dan sebagai muka Pangandaran akan makin cantik.“Jadi ada dua tujuan dari relokasi ini, pertama penguatan ekonomi masyarakat dan kedua bagian dari penataan kawasan,” ucapnya.

Walaupun dalam reloksi ini sifatnya sementara namun Jeje menjamin kios dan lingkungan sekitarnya tidak akan kumuh.(AS)

 

Post a Comment

0 Comments