Air Sungai Cisitu Kotor dan Bau Diduga Tercemar Limbah Pabrik Pengolahan Aci Kawung


Pangandaran LHI

Keberadaan pabrik pengolahan aci kawung dikeluhkan warga, pasalnya pengusaha pabrik membuang limbah cair dan padat sisa produksi aci kawung ke Sungai Cisitu, yang mengakibatkan bau busuk dan menyebabkan air berubah warna.Diketahui pabrik pengolahan aci kawung tersebut berlokasi di Dusun Ciranto, Desa Jadimulya, Kecamatan Langkaplancar.

Salah satu warga yang enggan disebutkan namanya mengeluhkqn dengan keberadaan pabrik aci kawung tersebut di karenakan mengeluarkan bau tidak sedap dari aliran siungai Cisitu.Selasa (19/1/2021)

“Beberapa waktu kebelakang ,pabrik pengolahan aci kawung tersebut sempat tidak beroperasi, air sungaipun waktu itu cukup bening dan tidak bau, jelasnya.

Di saat pabrik tersebut tidak beroperasi cukup lama, kamipun berani mandi menggunakan air saat di sawah, namun kini keadaan air sungainya sudah tercemar, saya gak berani lagi takut gatal gatal, pungkas dia.

Dari keterangan warga pabrik tersebut milik Ujo (70) warga Desa Jadimulya mengaku tidak tahu soal ijinnya, apakah sudah berijin atau belum.

Saat diwawancara awak media, Ujo mengaku dirinya kini sudah tidak mengolah pabrik pengolahan aci kawung tersebut, dia hanya pemilik lahannya nya saja.”Saya hanya mendapatkan dari sewa lahan saja, soal aktivitas perusahaan saya sekarang sudah gak lagi,” jelasnya

Ujo pun mengaku, bahwa pembuangan limbah dari penyaringan aci kawung langsung ke sungai, karena memang lokasi pabrik Aci kawung itu perada tepat di pinggir sugai Cisitu.

Hingga pemberitaan ini terbit, pihak awak media belum melakukan penelusuran ke Pemerintah Desa Jadimulya maupun ke Dinas terkait. (AS)*

 

Post a Comment

0 Comments