DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Info Kejadian Semarang Gelar Diskusi Siaran Langsung dengan Dalang Utama Media Informasi Kota Semarang


Semarang, LHI.

Info Kejadian Semarang (IKS)  menggelar Diskusi Tanya Jawab (Podcast) dengan Dalang Utama Media Informasi Kota Semarang (MIK SEMAR) pada hari Rabu (9/12/2020) di kantor SATU PINTU Semarang. Pada kesempatan itu dihadiri oleh Dalang Utama MIK SEMAR Rahmulyo Adi Wibowo.

Media Informasi Kota Semarang atau dikenal dengan sebutan MIK SEMAR merupakan media sosial terbesar di Kota Semarang yang mewadahi warga kota Semarang untuk berbagi Informasi diantara warga Semarang tentang Peristiwa, Kegiatan, Lomba, Hiburan, Sejarah, Event, dan sebagainya di Kota Semarang untuk dipublikasi secara umum.

Dengan management yang terukur dan tersistem, membuat MIK Semar disegani oleh warga Kota SemarangDisegani karena memiliki anggota aktif yang hingga saat ini mencapai 427 ribu lebih dan tidak sembarangan informasi bisa masuk ke MIK Semar karena harus melewati sedikitnya 80 admin yang menyeleksi.

“Informasi apapun yang masuk ke MIK Semar akan memiliki dampak, baik positif maupun negatif,” ujar Rahmulyo Adi Wibowo selaku Dalang Utama MIK Semar.

Sebagai contoh, beberapa kali informasi orang hilang, keluarga sudah melaporkan ke polisi tapi tidak juga ketemu, tapi begitu terposting di MIK Semar, hanya hitungan hari orang tersebut diketemukan.


“Kasus terakhir yang di posting adalah soal konsumen taksi online nakal, setelah viral di MIK Semar dan media  online mainstream, hanya sehari, konsumen nakal itu meminta maaf secara resmi di kantor taksi online,” ucap Rahmulyo

Masih banyak lagi informasi-informasi yang membuat masyarakat terbantu, yang jualan online menjadi laku dan bahkan memiliki banyak pelanggan.

Karena aktifnya anggota MIK Semar dan untuk menjaga kondusifitas Kota Semarang, tidak semua informasi bisa masuk ke MIK Semar karena ada seleksi yang super ketat.

Rahmulyo Adi Wibowo, mengatakan saat ini pengelola yang menyeleksi informasi berjumlah 80 orang yang berperan menjadi admin.“Saat ini kita memiliki 80 orang punggawa yang bertugas menyeleksi informasi-informasi sebelum terposting di MIK Semar, ini untuk menjaga supaya informasi yang terposting memang benar-benar informasi dan bukan Hoax,” ujar mantan Ketua KIP Provinsi Jateng ini.

Bahkan lanjut laki-laki yang aktif dibeberapa organisasi ini, pihaknya membuat aturan yang tegas terhadap para punggawanya.“Kalau ada informasi yang tidak layak tapi lolos, saya akan memberikan sanksi kepada punggawa yang meloloskannya, sanksinya mulai dari penonaktifan sebagai admin sampai dikeluarkan dari jajaran punggawa,” tandasnya RAW.

Diakui Rahmulyo, MIK Semar yang berdiri sejak 2015 ini menjadi acuan informasi masyarakat Kota Semarang bahkan para pejabat Kota Semarang selalu mengamati perkembangan informasi melalui MIK Semar.

“Banyak juga pejabat yang keberatan jika kebijakannya dikritik melalui MIK Semar dan meminta tolong untuk dihapus postingannya, tapi informasi yang sesuai fakta dan data, jika sudah masuk ke MIK Semar tidak bisa dihapus meski pejabat yang meminta,” tandasnya RAW lagi.

Rahmulyo menyatakan, MIK Semar tidak hanya sebagai grup media sosial, tapi sebuah organisasi yang bergerak diberbagai bidang baik sosial, kemanusiaan, bencana, peristiwa dan lainnya.

Maka dari itu pihaknya membentuk berbagai divisi seperti MIK Semar Sigap, Rumah Donasi, Donor Darah Mik Semar dan lainnya. Untuk memperlancar program kegiatan dan mempermudah koordinasi, pihaknya membentuk koordinator wilayah (korwil) di 16 kecamatan.

“Saat ini kita memiliki 16 korwil di 16 kecamatan di Kota Semarang. Masing-masing korwil memiliki program unggulan,” ujarnya RAW

Sebagai contoh lanjut Bowo, MIK Semar Korwil Tengah yang dikenal dengan MIK Semarth memiliki program unggulan Pengobatan dan Layanan Kesehatan Gratis yang dilaksanakan secara rutin.

MIK Semar Korwil Pedurungan atau yang dikenal dengan MIKS Kordu  mempunyai program unggulan Jumat Berkah Kordu (JBK).“Masing-masing korwil mempunyai program unggulannya masing-masing dan ini sudah berjalan dengan sendirinya tanpa dikomando oleh pengurus MIK Semar,” tambahnya Bowo.


Lebih lanjut Rahmulyo menambahkan,  setiap bulan Ramadhan, setiap korwil dan korlap punya agenda bagi-bagi takjil gratis dan selalu membantu masyarakat yang ada di wilayah masing-masing.“Kenapa dibagi perwilayah, karena untuk memudahkan koordinasi dan pengembangan kepastian kejadian yang ada,” tambahnya Bowo.

Selain itu tambah Bowo, untuk membina kaum muda millenial menyalurkan hoby olahraga, MIK Semar juga membentuk divisi-divisi olahraga, seperti badminton, futsal dan lainnya.Dan yang terpenting dari MIK Semar yakni bisa membantu warga Kota Semarang yang benar-benar membutuhkan.

Dengan support dari semua pihak (punggawa, pengurus korwil dan lain-lain) melalui Rumah Donasi MIK Semar, pihaknya bisa membedah rumah warga yang tidak layak, membantu warga yang sakit, memfasilitasi warga dengan pemerintah.“Yang terpenting MIK Semar bisa memberikan kontribusi untuk masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya Rahmulyo

Sella Good selaku Pembawa Acara dari Pihak Info Kejadian Semarang (IKS)  mengatakan “kami sangat mengapresiasi sekali tentang Podcast ini, kami berharap dengan adanya pertemuan ini semakin banyak warga kota Semarang dapat mengetahui tentang informasi yang terupdate terkait tentang kota Semarang"ujarnya.(PURNOMO)***

 

Post a Comment

0 Comments