DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

PT.Indo Prima Beef Mengeluarkan Limbah Kotoran Sapi Cemari Lingkungan Warga

 


Lampung Tengah LHI

Sejumlah warga di kampung Adi jaya kecamatan terbanggi besar kabupaten Lampung tengah keluarkan bau tidak sedap yang berasal dari PT indo prima beef (IPB) yang ternyata dari limbah kotoran sapi. ''keluhan itu disampaikan langsung oleh Edi salah satu warga Adi jaya yang bersebelahan langsung dengan perusahaan penggemukan sapi tersebut Jumat 13/11/2020.

               Edi mengatakan bahwa bau itu tidak sedap itu berasal dari kotoran sapi yang ditaburkan pihak perusahaan di lahan tanah seluas 1 hektar.,"Bau kotoran sapi yang sangat menyengat dan mencemari lingkungan warga yang ada di sekitar perusahaan , dan saya secara pribadi merasa sangat terganggu dan dirugikan dengan bau kotoran sapi  karena usaha ayam saya saya sangat berdekatan  langsung dengan perusahaan disebut ucapnya.

               Kepada media dan LSM PSLT (peduli sesama Lampung tengah)dan LSM GPRI (Gempar peduli rakyat Indonesia) Lamteng.Selain itu dirinya juga sangat menyayangkan sikap perusahaan yang diketahui hanya beroperasi di bidang penggemukan sapi saja.

`Apalagi air miliknya juga tercemar akibat serapan dari kotoran sapi milik PT indo prima beef (IPB), ditambah lagi bau limbah kotoran ternak tersebut mengundang lalat serta bau tidak sedap yang menimbulkan penyakit bagi ayam kami keluhnya lagi.

               Parahnya lagi Edi mengatakan jika musim penghujan tiba maka  limbah perusahaan akan mencemari lingkungan warga sekitar, karena pembuangan kotoran sapi ada di sekeliling peternakan ayam kami dan bersebelahan langsung dengan pemukiman rumah warga.

               Dia berharap perusahaan bisa memindahkan pembuangan kotoran sapi ke tempat lain sehingga tidak menimbulkan penyakit untuk ayam saya dan warga sekitar, saya ingin perusahaan itu juga melakukan penyemprotan ke perkampungan untuk menghilangkan lalat dan bau terutama di sekeliling peternakan ayam milik saya tegasnya.

               Dua LSM di Lampung tengah mengkritik keras PT indo prima beef karena limbah perusahaan tersebut mengeluarkan limbah hingga mencemari pemukiman warga.

               Ketua LSM PSLT (peduli sesama Lampung tengah) Hidayat mengatakan bau tidak sedap yang berasal dari kotoran sapi milik PT.indo prima beef Lampung tengah itu sudah sangat merugikan masyarakat yang ada di lingkungan perusahaan, selain itu jalan-jalan banyak yang rusak akibat akses keluar masuk kendaraan bermuatan lebih milik perusahaan tersebut.

               "Limbah kotoran sapi itu memang sangat merugikan masyarakat yang ada di sekitarnya Untuk itu saya yang meminta agar pihak perusahaan mencarikan solusi terbaik agar tidak ada yang dirugikan baik masyarakat maupun perusahaan tegasnya yang juga berdomisili tidak jauh dari PT indo prima beef(IPB).

               Sementara itu ketua LSM GPRI Dedi Jauhari menambahkan seharusnya perusahaan itu memikirkan dampak yang dikeluarkan sapi mereka karena perusahaan tersebut berdampingan dengan pemukiman warga yang berakibat mengganggu kesehatan warga sekitarnya.              Apabila dalam waktu dekat ini dari pihak PT Indo Prima Beef tidak ada respon kepada kami serta memenuhi tuntutan warga maka kami dari LSM di Lampung tengah akan mengadukan permasalahan ini ke dinas lingkungan hidup dan gedung DPRD Lampung tengah tutupnya .

               Sementara hingga berita ini diturunkan media yang ingin meminta tanggapan dari terkait bau limbah kotoran sapi yang dikeluhkan masyarakat ke pihak perusahaan tidak bisa di konfirmasi perihal tersebut (TIM)

 

 

 

 

 

 

Post a Comment

0 Comments