Akibat Luapan Sungai Cikawasen, Puluhan Rumah Warga di Desa Sindangjaya Terendam

 


Pangandaran LHI

Saat ini Kabupaten tengah di landa hujan deras, sejumlah titik kena dampak banjir juga longsor, diantaranya wilayah kecamatan Mangunjaya dan Kecamatan Pasaherang, tepatnya di Desa Pasirgelis yang terdampak longsor bahkan hingga menelan korban jiwa dan wilayah desa Sindangjaya terdampak banjir yang mengakibatkan puluhan rumah terendam hingga 50 cm.

Dari pantauan LHI, salah satu calon Bupati Pangandaran dari pasangan AMAN no urut 2 H Adang Hadari di dampingi istrinya Reny Hadari datang mengunjungi korban banjir di wilayah Desa Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran, Selasa 27 Oktober 2020.

“Ada beberapa titik yang terendaman airnya mencapai lutut orang dewasa. Paling parah di perumahan milik warga yang terletak disekitar sungai Cikawasen,” ujar H Adang Hadari kepada wartawan.


H Adang menambahkan, ini kita jadikan bahan evaluasi, agar wilayah ini tidak menjadi langganan banjir, saya yakin ada solusinya, paparnya.

Untuk warga yang terdampak banjir saya berharap agar bersabar dan tabah, karena ini merupakan ujian dari Allah SWT, kedepan kita semua harus antisipasi jangan sampai terjadi banjir lagi , mulai lah dari diri kita dengan cara jangan membuang sampah ke sungai, pungkasnya.

Rida (43) warga Sindangjaya mengatakan, selain curah hujan yang cukup tinggi sejak siang kemarin, saluran sungai Cikawasen ini tak mampuh untuk menampung air dan meluap ke pemukiman penduduk, dan mengakibatkan banjir.

Rida juga menambahkan,air merendam rumah penduduk hingga pagi tadi, dan kini sudah mencapai lutut orang dewasa. Pungkasnya. (AGUS S)

 

Post a Comment

0 Comments