13 Kelompok Tani Desa Gogok Darussalam Terima Bantuan Kartu Tani dari Kementerian Pertanian


Meranti LHI
Masyarakat Desa Gogok Darussalam Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, telah mendapatkan bantuan subdisi pupuk yang dibantu langsung dari Kementerian Pertanian melalui Bank Mandiri Cabang Selatpanjang. 
Adapun bantuan tersebut yaitu, berbentuk Kartu Tani yang disalurkan langsung ke masyarakat dengan jumlah 13 Kelompok yang disalurkan sebanyak 129 orang.Bantuan itu yang mendapatkan terkhususnya masyarakat di Desa Gogok Darussalam sebagaimana bantuan telah diusulkan melalui Dinas Pertani Peternakan dan pertahanan pangan (DPPDKP).
Seperti disampaikan Kades Gogok Darussalam Sugiyanto pada senin (10/08/2020) mengatakan, bantuan tersebut telah diusulkan oleh ketua Gapotan yang telah diusulkan melalui Dinas terkait." Kalau bantuan itu telah diusulkan oleh ketua kelompok dan hal ini kita tidak tahu apakah bantuan itu dapat merata semua, yang jelas bantuan ini telah dibagikan oleh pihak Bank Mandiri didampingi oleh PPL Dinas Pertanian untuk dibagikan kemasyarakat saya," ujar Sugiyanto. 
Terkait dengan bantuan itu berapa jumlah besarannya bantuan yang didapat oleh para kelompok Tani  tersebut belum pasti" Untuk bantuan itu biayanya saya tidak mengetahui berapa perorangan yang mendapatkan bantuan itu, setahu saya jumlahnya saat kita lihat buku rekening nya masih kosong dan kita tidak tahu biaya didapatkan mau lebih jelas tanya aja langsung sama Dinas yang bersangkutan atau pihak bank Mandiri," kata Sugiyanto.
Tambah Sugiyanto lagi," Memang dengan bantuan ini belum semua yang diharapakan masyarakat petani  yang mendapatkan akses untuk subsidi pupuk dan  juga kita berharap agar bantuan ini benar-benar dapat dimanfaatkan untuk masyarakat terkhususnya Desa Darussalam karena bantuan ini memang untuk mereka apa lagi di Desa ini mayoritas masyarakat kita petani, semoga bantuan ini dapat bermanfaat," tuturnya.
Tidak hanya itu hal tersebut telah disampaikan Kadis Pertanian, Peternakan dan Pertahanan Pangan (DPPDKP) Kabupaten Kepulauan Meranti  Arif Rahman Hakim Mengatakan, Bantuan tersebut langsung dari kementrian Pertanian yang telah diusulkan bedasarkan permintaan dari Desa." Bantuan itu sesuai dengan usulan yang di sampaikan oleh Desa, dan juga bantuan itu tidak semua Desa mendapatkan karena anggaran nya terbatas jadi tidak semuanya Desa yang terakomodir," ujar Arif.
" bantuan ini tidak hanya bidang pertanian akan tetapi juga, bidang perkebunan.  Karena didesa Gogok juga mempunyai sentra dari perkebunan, dan akan diberikan bantuan seperti untuk pembelian pupuk dengan menggunakan kartu itu akan mendapat harga subsidinya," tuturnya.
Lanjut Arif lagi," Yang jelas bantuan itu sistemnya masyarakat tetap membelinya tetapi dengan harga distributor karena kartu tersebut adalah kartu bersubsidi," pungkasnya.(RAMLI ISHAK)


Post a Comment

0 Comments