DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Pembuatan Pagar PAUD dan Polindes di Desa Cempaka Timur Kecamatan Sungkai Jaya Terkesan Asal Jadi


Lampura, LHI
Pembuatan pagar PAUD dan Polindes di Desa Cempaka Timur Kecamatan Sungkai Jaya terkesan asal jadi, pasalnya besi cor yang digunakan dengan ukuran 8 inci.Hal itu ketika investigasi reporting sejumlah pewarta pada bangunan pagar di Desa tersebut, Minggu 10/05/2020.Dengan volume 84.9 meter di Dusun 4 itu menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2020 sebesar Rp 134. 112. 500,-
Menurut pekerja yang enggan menyebutkan namanya saat ditemui di lokasi pekerjaan, Minggu 10/05/2020 membenarkan jika pembuatan pagar menggunakan besi 8 inci dengan gelang besi berukuran 6 inci, sedangkan jarak antara gelang 20 centimeter.
Sementara menggunakan jasa pekerja sebanyak 15 orang, masing-masing  tukang mendapatkan upah harian sebesar 100 ribu dan kenek Rp 50 ribu Saat ini sudah berjalan 15 hari (2 Minggu) jelas tukang.
Ditempat yang sama Sunandar pekerja yang melaksanakan khusus rehab plafon gedung Polindes, awalnya mengatakan rehab plafon menggunakan kayu baru semua, setelah diberi penjelasan tentang ada yang bekas, barulah dirinya mengakui jika sebagian kayu  menggunakan kayu bekas.
Selain pembuatan pagar Paud dan Polindes yang menggunakan besi berdiameter 8 inci, ditemui pula pembuatan pagar setinggi sekitar 4 meter yang terletak di bagian belakang Balai Desa memakai besi dengan ukuran yang sama yakni 8 inci.
Namun sayangnya tidak ditemukan papan informasi dilokasi Balai Desa Cempaka Timur, sehingga sulit bagi awak media untuk mengetahui jelas berapa nilai anggaran  pembuatan pagar dan sumber dana maupun volume pagar.
Disinyalir besi cor yang digunakan tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) Desa tersebut.Dampak dari penggunaan besi cor itu, dikawatirkan tidak memiliki kekuatan bahkan cenderung menimbulkan kerusakan (roboh) pada pagar.
Saat disambangi dirumahnya, Minggu 10/05/2020,  Rozi selaku Kepala Desa (Kades) Cempaka Timur tidak ada dirumah, menurut keterangan wanita yang diperkirakan istrinya mengatakan "Bapak tidak dirumah, baru saja keluar," terangnya.(NOP)***

Post a Comment

0 Comments