Kepala Desa Telesung : “Begitu Siap Pendataan Dana BLT Akan Kita Bagikan Kepada Masyarakat


Meranti LHI
Berdasarkan Permendes PDTT No 6 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Permendes, PDTT No 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.Permendes tersebut merupakan revisi dari Permendes Nomor 11 Tahun 2020 tentang prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.
            Pemerintah melalui Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), dan Transmigrasi akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada keluarga miskin melalui anggaran dana desa.
            Pemerintah Desa Telesung Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti akan menyalurkan Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat sesuai dengan aturan yang telah ditentukan bahwa penerima BLT adalah non PKH/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).
Melalui aturan tersebut, Kepala Desa Telesung Syamsudin mengalokasikan sebagian dari anggaran dana desa untuk BLT yang nantinya disalurkan kepada keluarga yang perekonomiannya menegah kebawah. Seperti disampaikannya kepada media ini minggu (19/04/2020).
“Bantuan BLT adalah untuk Keluarga miskin di desa-desa dari pemerintah. Bantuan ini merupakan upaya pemerintah dalam meminimalisir dampak pandemi Covid-19 di desa.” Kata dia.
Seperti diketahui Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan saja, namun juga mengancam perekonomian masyarakat khususnya yang dalam kategori bawah atau miskin.
Dana BLT dikelola oleh desa tersebut untuk disalurkan tepat sasaran,bagi masyarakat yang kehilangan mata pencaharian, yang belum terdata dalam penerima PKH atau bantuan BPNT serta dalam anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis serta masyarakat miskin.
Menurut Kades Syamsudin data penerima BLT di Desa Telesung tersebut harus tepat sasaran, saat ini masih dalam pendataan RT/RW dalam Tim Covid-19 sehingga kini belum diketahui berapa jumlahnya masyarakat yang akan menerima bantuan tersebut.“Dana BLT harus tepat sasaran, adapun besarannya dalah Rp. 600.000/bulan, selama tiga bulan. Saat ini kita lagi menunggu pendataan dari RT/RW untuk jumlah penerimanya,” jelas Gih sapaan akrab Kades Telesung.
Saat ini kita lagi menunggu anggaran perubahan sesuai usulan ke pendamping desa berapa jumlah yang terdata sesuai dengan mekanismenya, baru tahu berapa jumlah penerimanya,” jelasnya lagi
Lanjut Syam lagi “InsyaAllah dalam minggu ini pendataan selesai, saya berharap semua warga Desa Telesung khususnya yang terdampak Covid-19 dapat terbantu, sehingga uangnya bisa dibuat untuk kebutuhan sehari-hari, apa lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan,” jelasnya.“Semoga dengan bantuan BLT ini dapat terbantu bagi masyarakat miskin yang belum menerima PKH,” tutpnya. (RAMLI ISHAK)

Post a Comment

0 Comments