DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Pemkab Pangandaran Siapkan Anggaran Bansos Sebagai Dampak Pandemi Covid 19


Pangandaran LHI
Usai kegiatan peninjauan salah satu pabrik di  Kecamatan Sidamulih, Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata menyampaikan, Pemkab Pangandaran sedang menyiapkan anggaran bantuan social (Bansos) sebagai dampak pandemi corona (covid 19), hari Kamis (2/4)
“Kita akan melihat apa kebutuhan yang paling mendasar. Kalau masyarakat mengatakan sembako, maka Pemkab saat ini sedang menyiapkan pembelian beras 1000 ton,” terangnya.
Lanjut Jeje, Pemkab juga kan punya data. Bansos akan diberikan kepada warga yang terdampak, di luar penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan akan betul-betul diinventarisir.
Menurutnya, sembako ini juga bukan hanya persoalan membeli beras. Tapi diharapkan dapat menggerakan ekonomi.“Kalau Rp.10 ribu kali 1000 ton, maka kita belanja beras Rp.10 miliar. Maka kita ingin ini akan menggerakan ekonomi masyarakat. Dengan catatan, berasnya harus dibeli di Pangandaran. Apalagi minggu ini petani mulai panen, maka beras kita surplus,” terangnya.
Yang kedua bagaimana menggerakan ekonomi masyarakat kecil seperti warung-warung keciî. “Kita akan menyiapkan kupon voucher senilai RP.75 ribu. Nanti bisa dibelanjakan di warung sekitar dan masyarakat cukup bayar Rp.25ribu, dan yang Rp.50 ribu akan dtanggung pemerintah,” terangnya.
Kalau 100 ribu kupon kali Rp.50 ribu maka anggaran yang disiapkan sekitar Rp.5 miliar. “Ini yang diharapkan dapat menggerakan ekonomi masyarakat saat ekonomi terpuruk menghadapi kasus Corona yang sedang terjadi,” tutur Jeje.
Dijelaskan, alokasi anggaran bansos ini sebagai bentuk tanggung jawab Pemkab Pangandaran atas dampak-dampak ekonomi dan sosial akibat wabah Covid-19.
Selain berdampak pada masalah kesehatan, belum tuntasnya wabah virus corona di Indonesia mengakibatkan kondisi ekonomi warga terpuruk.
Bupati menyadari, social distancing yang saat ini sedang diberlakukan mempengaruhi perekonomian dan penghasilan masyarakat. Sehingga perlu mendapatkan perhatian dan bantuan dari pemerintah daerah. (AGUS S)

Post a Comment

0 Comments