Pertamina RU II Kerahkan Mobil Damkar Bantu Program Disinfeksi Ruas Kota Dumai Cegah Covid-19


Kota Dumai, LHI
Setelah melaksanakan penyemprotan disinfektan secara langsung di beberapa rumah ibadah dan sarana umum di Kota Dumai, Pertamina RU II kembali menjalankan program serupa dengan menggunakan mobil Damkar (Pemadam Kebakaran) untuk mencegah penyebaran Covid-19. Bersama dengan tim gabungan yang beranggotakan instansi dan perusahaan di Kota Dumai, Pertamina RU II menurunkan satu unit mobil Damkar yang memuat enam kilo liter cairan disinfektan pada hari Selasa (31/03/2020).
Unit Manager Communication, Relations & CSR Refinery Unit II PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho menyatakan hal ini merupakan kali kedua Pertamina RU II memenuhi undangan dari Pemerintah Kota Dumai untuk bersama-sama menjalankan disinfeksi menggunakan mobil pemadam kebakaran.
Penyemprotan bersama ini sebelumnya telah dilaksanakan pada hari Rabu (25/03/2020) yang lalu dimana Damkar Pertamina RU II menyemprot disinfektan melalui jalan di Kota Dumai, yaitu Jalan Sudirman dan Jalan Sultan Syarif Kasim."Keterlibatan kami ini menjadi wujud dukungan Pertamina terhadap program pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 atau yang dikenal sebagai virus Corona," ungkap Brasto.
Lebih lanjut Brasto menjelaskan pada momen ini pihaknya menurunkan mobil pemadam kebakaran dengan seri Airfoam Tender (AFT) 13 yang memiliki kapasitas tangki enam kilo liter.
Dengan tim pemadam kebakaran berjumlah tiga orang, mobil Damkar ini menyisir ruas-ruas jalan protokol Kota Dumai, khususnya sepanjang Jalan Puteri Tujuh.
"Pada masa siaga Covid-19 ini, Pertamina RU II secara khusus membentuk tim Satgas (Satuan tugas) yang tidak hanya menyusun serangkaian program untuk internal Pertamina RU II, namun juga untuk masyarakat sekitar. Selain penyemprotan menggunakan Damkar ini, penyemprotan langsung untuk masyarakat di rumah ibadah dan sarana umum sekitar kilang dan Bandara Pinang Kampai senantiasa kami jalankan termasuk pembuatan wastafel portabel untuk penggunaan masyarakat sekitar kilang," imbuh Brasto.
Dalam apel pembukaan kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Lama, Walikota Dumai Zulkifli AS menyatakan penyemprotan disinfektan di ruas-ruas jalan kota Dumai ini menjadi salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.
Namun demikian, sejalan dengan program ini tak hentinya ia menghimbau kepada masyarakat untuk bekerjasama dengan pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 khususnya dengan mengurangi jarak interaksi fisik maupun aktivitas luar rumah.
"Tidak ada pilihan lain bagi kita untuk melawan Covid-19 ini selain dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk menjalankan physical distancing dan rajin membersihkan diri. Bersama kita bisa cegah penyebaran Covid-19," himbau Zulkifli. (IWAN NST)

Post a Comment

0 Comments