Relawan Literasi Tubaba Hadir di Rakornas Perpustakaan Nasional


Tubaba,LHI
Relawan literasi dari Griya Baca Komunitas Harapan Jaya Indraloka Jaya, Kecamatan Way Kenanga ikut dan menjadi pembicara pada Rakornas Perpustakaan Nasional yang berlangsung di Jakarta, 24—27 Februari 2020. Adalah Brigpol Harianto sang penggagas griya baca tersebut yang hadir di rakornas bersama Sugiarto, juga relawan di griya baca yang sama.
Selama ini Brigpol Harianto cukup aktif berkecimpung di Griya Baca Komunitas Harapan Jaya yang dikelolanya. Aktifitas tersebut dijalankannya di sela-sela tugas sebagai anggota Polri di Polsek Lambu Kibang, Tulang Bawang Barat.
“Saya dari Tubaba berangkat ke Jakarta bersama Saudara Sugiarto salah satu relawan Griya Baca Komunitas Harapan Jaya. Sangat bangga dan senang karena dari sekian banyak penggerak pustaka kami bisa hadir dan menjadi narasumber pada kegiatan tersebut,” demikian kata Harianto.
Dia menambahkan, bahwa selama mengikuti rakornas itu dirinya berbagi pengalaman di lapangan dalam merintis dan menggerakkan Griya Baca Komunitas Harapan Jaya. “Berbagi inspirasi dalam suka dan duka dalam  menggerakkan masyarakat, khususnya anak-anak untuk rajin membaca. Ada banyak komunitas baca, dan disini kami berkumpul bersama dan melakukan kordinasi agar tingkat baca masyarakat bisa berkembang, mengingat bahwa membaca adalah jendela dunia,” ujar Brigpol Harianto.
            Brigpol Harianto pun sudah 3 tahun menjadi Relawan Literasi melalui wadah Pustaka Bergerak Indonesia (PBI) dengan memanfaatkan fasilitas motor dinas dan box untuk membawa buku-buku bacaan tentang dunia anak, buku cerita dongeng, dan juga ilmu pengetahuan ke sekolah-sekolah PAUD, SD dan juga SMP. Dan itu semua dilakukan tanpa mengganggu tugas utamanya sebagai seorang polisi.(AFRIZAL CANDRA)

Post a Comment

0 Comments