DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Komisi 2 DPRD Meranti Lakukan Konsultasi Ke Bappeda Litbang Riau


   

Meranti LHI
Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti kamis (30/01/2020) melakukan kunjungan konsultasi ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Badan Litbang Provinsi Riau di jalan Gajah Mada Pekanbaru.
Kunjungan tersebut dalam rangka mempertanyakan perencanaan dan alokasi program dan anggaran untuk Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2020 Dan Tahun 2021.
Kunjungan tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi 2 DPRD Kepulauan Meranti Taufiek, SM. Ikut serta dalam kunjungan konsultasi tersebut Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti Iskandar Budiman, SE, Sekretaris Komisi 2 Tengku M. Nasir Anggota Komisi 2 Fauzi.
Wakil Ketua Komisi 2 Taufiek, SM menyampaikan bahwa kunjungan tersebut dalam rangka mengetahui alokasi anggaran untuk Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2020 dan tahun 2021. “kita ingin mengetahui program-program apa saja yang akan dilaksanakan dikabupaten kepulauan meranti pada tahun 2020 ini”. Ujar taufiek menjelaskan.
Menurut Taufiek, selain program ditahun 2020, perencanaan program di tahun 2021 juga harus menjadi perhatian dari BAPPEDA Litbang Provinsi Riau. “selama ini Kabupaten Kepulauan Meranti setiap tahunnya terabaikan dan seperti di anak tirikan dan kurang mendapat perhatian dibanding kabupaten lain di Provinsi Riau. Hal tersebut dibuktikan dengan alokasi anggaran yang sedikit dibandingkan kabupaten lain di Provinsi Riau”.
            Taufiek juga berharap agar Pemerintah Provinsi Riau tidak mengalokasikan anggaran untuk Kabupaten Kepulauan Meranti hanya berbentuk DED atau perencanaan tersebut benar-benar dilaksanakan secara nyata. Selain infrastruktur, menurut Taufiek, bantuan di sektor pertanian, perkebunan, pendidikan serta kesehatan juga harus menjadi prioritas untuk Kabupaten Kepulauan Meranti.
Ditempat yang sama, Angggota Komisi 2 Fauzi Hasan, SE juga berharap BAPPEDA Litbang Provinsi Riau dapat memetakan prioritas pembangunan infrastruktur dikabupaten kepulauan meranti dengan baik. “kita mau pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah Provinsi Riau harus fokus. ”pembangunan jalan Kampung Balak-Alai -Selatpanjang yang sudah direncanakan dan terbengkalai saat ini harus menjadi prioritas.” Ujar ketua DPRD Kepulauan Meranti periode 2014-2019 tersebut.
Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi 2 Basiran, SE,MM. Menurutnya, pembangunan jalan Kampung Balak-Alai-Selatpanjang harus segera dilaksanakan untuk membuka akses dan perputaran ekonomi masyarakat. “saya kira beberapa bagian jalan yang menjadi masalah bisa dikaji dan diselesaikan’. Ujar Politisi Gerindra tersebut.
            Kepala Bidang I Badan Perencanaan Pembagunan Daerah (BAPPEDA) Litbang Provinsi Riau  Andi Ista Tutih yang membidangi bidang perencanaan, pengendalian dan evaluasai pembangunan daerah menyampaikan bahwa pihaknya mempunyai semangat yang sama dalam upaya percepatan pembangunan dikabupaten kepulauan meranti. Andi Ista Putih juga menjelaskan bahwa alokasi anggaran ke kab/kota disusun berdasarkan kebutuhan dan prioritas bukan hanya presentasi“kita selalu berkomitmen untuk membantu pemerintah daerah dalam upaya keberlanjutan pembangunan. Apa yang sudah disampaikan secara lisan nantinya harus diterjemahkan kedalam tulisan untuk ditindaklanjuti sesuai tahapan perencanaan”. Ujar Andi menambahkan.
Menurutnya, alokasi anggaran untuk kabupaten kepulauan meranti untuk tahun 2020 masih diperuntukkan untuk pembangunan infrasturktur dan bantuan keuangan (bankeu) untuk membayar gaji guru dan bidang-bidang lainnya.Kegiatan kunjungan Konsultasi Komisi 2 DPRD tersebut merupakan bagian dari komitmen untuk keberlanjutan pembangunan dikabupaten kepulauan meranti. Kegiatan diakhir dengan foto bersama dan bertukar cenderamata. (HUMAS DPRD MERANTI/RAMLI ISHAK/ ADV)***












  

Post a Comment

0 Comments