Edi Warga Parakanmanggu Sukses Kelola Bisnis Buka Kebun Terong dan Ketimun


Pangandaran LHI
Ada banyak cara untuk menciptakan peluang usaha agar kehidupan di masyarakat lebih maju dan mandiri dengan cara memanfaatkan lahan kebun atau pekarangan dengan menanam sayuran, salah satu contoh yang bisa dilihat adalah di Dusun Parakan Desa, Parakanmanggu, Kecamatan Parigi ,Kabupaten Pangandaran .
Kebun sayur milik Edi warga Desa Parakanmanggu ini adalah buah karya tangan yang di kenal rajin, tak jauh di samping sirkuit sumurugul nampak hamparan kebun milik Edi yang penuh dengan tanaman yang begitu subur penuh dengan pohon terong, ketimun, kacang panjang dan cabai hijau.
Pemilik kebun sayuran, Edi mengatakan ide awal ini adalah untuk memanfaatkan lahan yang kurang baik untuk di tanami padi sehingga saya mempunyai gagasan bercocok tanaman sayur mayur. Alhamdulillah usaha tani yang sekarang saya jalani membuahkan hasil dan di jadikan percontohan oleh warga lain yang hobi bercokol tanaman sayur mayur. Minggu (09/02).
Dengan bisnis menanam sayuran seperti ini sangat membantu para Ibu Rumah Tangga untuk mengurangi beban biaya belanja terlebih lagi bisa menjadikan lahan bisnis."Gampang dan cepat masa tumbuhnya, jadi nggak usah belanja ke pasar, tinggal petik-masak, lebih sehat karena nggak pake pestisida kimia, pengeluaran bulanan juga pasti berkurang, asalkan siklus tanamnya disusun, jadi panennya bisa gantian," tutupnya.
Edi mengaku pada masa panen saya bisa meraup hasil Rp 400 ribu hingga Rp 700 perhari, Tak sampai disitu, kita  juga mempergunakan pupuk sendiri untuk tanamannya, bahan dasar pembuatan pupuk kompos yang berbahan dari kotoran sapi.
Selain itu memanfaatkan sayuran yang sudah busuk, kami ubah menjadi pupuk agar bermanfaat, dulu saya pernah mendapat pelatihan pembuatan pupuk dari Dinas Pertaninan Kabupaten Pangandaran.
Ia berharap agar semakin banyak masyarakat yang sadar akan manfaat menanam sayur dan buah di perkebunan.
Edi pun optimis, apabila dikembangkan dengan baik, maka segala macam hasil pertanian ini akan dapat menjadi peluang usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dapat membangun kemandirian pangan, sehingga mampu menciptakan kestabilan dan ketahanan pangan di Kabupaten Pangandaran. Apalagi, hasil produk pertanian merupakan komoditas yang tidak akan punah oleh waktu, sehingga sampai kapanpun manusia akan senantiasa membutuhkan pasokan pangan guna mencukupi kebutuhan hidupnya,” jelasnya. (AGUS S).

Post a Comment

0 Comments