Babinsa Bantarsari Serka Suwarno Hadiri Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Bantarsari


Cilacap, LHI
Sebagai bentuk dukungan terhadap rencana pembangunan di wilayah binaannya, Danramil 09 Kawunganten Kapten CPM Teguh Budiono tugaskan Babinsanya untuk menghadiri Musrenbang RKPD Kabupaten Cilacap tingkat Kecamatan Bantarsari yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Senin (20/1/2020).
            Babinsa Bantarsari Serka Suwarno dalam hal ini mewakili Danramil 09 Kawunganten dalam sambutannya mengatakan bahwa Musrenbang sangat penting, sehingga dirinya berharap agar dilaksanakan dengan baik dan detil.
“Tolong kroscek langsung kelapangan sehingga dalam pelaksanaan pembangunan akan lebih maksimal, karena nanti yang merasakan dampaknya adalah masyarakat yang akan menggunakan”, tegasnya.
Sebelumnya, Camat Bantarsari Yani Yhustianta, S. STP. MM mengawali sambutannya mengucapkan selamat datang kepada anggota DPRD Kabupaten Cilacap beserta tim Musrenbang RKPD Kabupaten Cilacap beserta rombongan.
            Menurutnya Musrenbang Kecamatan adalah tahapan dalam perencanaan anggaran tahun 2021 yang akan diajukan ke Pemerintah Kabupaten, Propinsi dan Pusat.
Musrenbang diwilayah Kecamatan dilaksanakan 2 kali tiap tahunnya yaitu Musrenbang RKPD yang didanai oleh APBD dan Musrenbangdes dilaksanakan bulan September didanai oleh APBDes.“Tahapan Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan ini terlebih dahulu sudah dilaksanakam Musren dimasing-masing desa sehingga sekarang tinggal menyetujui”, ungkapnya.
Kesempatan ini juga di manfaatkan Anggota DPRD Kabupaten Cilacap Suhery dari fraksi Gerindra, untuk mengajak kepala desa agar memperbaiki atau validasi data contohnya basis data terpadu (BDT) maupun data penerima PKH yang selama ini masih menimbulkan masalah.
Kemudian terkait besar kecilnya anggaran lanjutnya, semua tergantung dari dana PAD pemeritah daerah yang diperoleh dari PBB, Pajak kendaraan dan lain-lain.
“Yang direncanakan seharusnya 1 Trilyun untuk Kabupaten Cilacap, tahun ini mendapatkan 617 Milyar”, jelasnya.
Ditempat yang sama, Ketua tim Musrenbang RKPD Kabupaten Cilacap Amin Mustada S.K.M. M.Kes dalam sambutannya menjelaskan bahwa rencana anggaran tahun 2021 adalah rencana pembangunan jangka menengah terdiri dari skala perioritas dan tambahan yang akan dilaksanakan TA. 2021 dan apabila masih ada program yang belum terlaksana akan dilanjutkan di TA. 2022.“Rencana anggaran Kabupaten Cilacap TA. 2020 adalah Rp.3.580.291.386.000,- yg terealisasi adalah Rp.3.360.361.072.000,- sehingga difisit Rp.219.930.314.000,-“, jelasnya.
Kemudian terkait setatus desa di Kecamatan Bantarsari terbagi menjadi dua yaitu Desa Maju dan Desa berkembang. Untuk Desa maju diantaranya Desa Bantarsari, Rawajaya, Kamulyan, Bulaksari dan Cikedondong. Sedangkan Desa Berkembang yaitu Desa Binangun, Citembong dan Kedung Wadas.
Selain Forkopincam Bantarsari Tampak hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Anggota DPRD Kabupaten Cilacap Suhery dan Rahmat Harsono, Ketua tim Musrenbang RKPD Kabupaten Cilacap Amin Mustada S.K.M. M.Kes beserta rombongan, Kepala UPTD/Instansi beserta Kordinator wilayah se Kecamatan Bantarsari, Kepala Desa beserta Ketua TP PKK Desa dan Ketua BPD dan LPPMD se Kecamatan Bantarsari. (Sf/ Pendim /ABDUL ROHMAN)***


Post a Comment

0 Comments