Asep Roni: " Permasalahan BUMDes Sindangjaya yang Sempat Di Anggap Misteri Oleh Warga, Sudah Ada Titik Terang”


Pangandaran LHI
Badan usaha milik desa (BUMDes) milik Desa Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran menjadi misteri,setelah beberapa keterangan warga maupun pengurus dan Kepala Desa seakan tidak sama apa yang di sampaikan.
Seperti yang di katakan Herdi pada pemberitaan sebelumnya, Dana BumDes senilai RP 280 juta dari anggaran Dana Desa (DD) dalam kurun 5 tahun kebelakang di nilai simpang siur seakan menjadi misteri dan belum jelas keperuntukannya hingga saat ini.
Dari keterangan Herdi, saat di chat lewat pesan Wasapp, bahwa dana Bumdes sebesar Rp.280, juta telah dicairkan,namun belum jelas keperuntukannya.”Ucapnya.
Soalnya sewaktu pengurus bumdes di pinta keterangan bahkan di pinta memperlihatkan buku rekening tidak memberikan kejelasan.
Mengungkap misteri itu, Awak media LHI mencoba komunikasi dengan Asep Roni selaku Kepala Desa Sindangjaya melalui pesan Wasapp pada Senin (20/01/2020), Asep Roni membenarkan kalau perjalanan Bumdes sebelum saya menjabat jadi kepala desa di duga kurang maksimal bahkan bisa di anggap tidak jelas.” papar Asep.
Asep Roni menambahkan, jumlah anggaran BUMDes Sindangjaya secara keseluruhan Rp 230 juta, sekarang data data dan aset sudah di terima oleh Pemerintah Desa Sindangjaya, bahkan mulai besok data dan aset BUMDes akan kita tarik.
Sepertinya segala rupa permasalahan terkait BUMDes yang sempat piral di media sosial akan beres, titik terangnya sudah ada, bahkan kita akan bentuk kepengurusan yang baru, tambah Asep.
Saya sudah memegang data aset jenis barang yaitu berupa motor, printer, HP, kulkas, laptop dan stang tower, adapun dana anggaran tahun 2019 sebesar Rp 50 judah di silpakan dan anggaran  dari tahun 2017,2018,2019 sudah mulai nyingron, tinggal anggaran Tahun 2016 sebesar rp 30 Juta itu kami belum mendapatkan jawaban.
Di akhir pembicaraan Asep mengatakan, sebetulnya permasalah bumdes selama lima tahun ke belakang saya tidak tahu secara detail, tapi permasalahan ini terus saya sikapi untuk patokan saya melangkah kedepan, bahkan saya mengajak kepada seluruh masyarakat Desa Sindangjaya mari bersama sama membangun agar Desa Sindangjaya kedepan lebih baik lagi dan lebih mengedepankan transparansi, pungkas Kades.(Agus S)

Post a Comment

0 Comments